Klojen (malangkota.go.id) – Plt. Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menjadi Pembina Apel Besar Hari Pramuka yang diselenggarakan di halaman depan Balai Kota Malang, Senin (27/8).

Plt. Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat menjadi Pembina Apel Besar Hari Pramuka di halaman depan Balai Kota Malang

Sutiaji mengungkapkan bahwa seiring perkembangan dunia teknologi informasi yang demikian pesatnya, menjaga kepribadian bangsa yang adiluhung adalah sangat penting. Seiring gencarnya arus informasi langsung cepat kiranya budaya antar negara akan menyerang Indonesia.

“Saat ini adalah era yang tidak bisa kita hindari dan kita bendung. Karena itu harus dilakukan upaya sebaik mungkin termasuk melalui Pramuka untuk bisa tetap menjaga budaya bangsa,” ajak Sutiaji, Senin (27/8).

Keberadaan Pramuka sebagai organisasi kepanduan diharapkan aktif dalam mengantisipasi pengaruh negatif budaya asing. Oleh karenanya, Pramuka harus bisa membuat kegiatan yang mampu menarik genarasi muda sehingga keberadaanya tetap diminati.

“Tumbuhkan rasa cinta kepada Pramuka. Baru dari sana kita bisa membangun strategi untuk dapat memanfaatkan era informasi sekaligus menjadi jembatan dalam menggapai misi Pramuka,” imbuhnya lagi.

Selain itu, anak muda yang berada dalam organisasi Pramuka harus bisa inovatif dan kreatif. Sebab dari situlah bisa melahirkan sesuatu yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa, serta masyarakat.

“Peringatan Hari Pramuka jangan berhenti pada upacara, jadikan ini sebagai sarana dan refleksi serta media untuk revitalisasi secara kelembagaan maupun program kerja,” ajaknya.

Pada kesempatan ini Sutiaji juga berpesan kepada para penggerak Pramuka di Kota Malang agar bisa menjadi suluh (obor) dalam lingkungannya, sehingga nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat, baik dalam upaya memperlancar agenda pembangunan nasional atau merawat keutuhan NKRI. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content