Berita

TPS Bernuansa Pernikahan Dongkrak Partisipasi Masyarakat

Klojen (malangkota.go.id) – Salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah pesta demokrasi dapat diukur dari tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi. Berbagai upaya pun dilakukan oleh penyelenggara pemilu untuk mewujudkan hal tersebut, seperti halnya TPS unik di Kota Malang yang bernuansa pesta pernikahan dan dipadu kain berwarna merah putih.

Masyarakat antusias datang ke TPS 18 untuk menyalurkan hak suaranya dan menikmati sajian makan minum gratis, yang merupakan hasil gotong royong warga sekitar, Rabu (17/4/2019)

 

Hadirnya TPS bernuansa pernikahan yang dibalut dengan bentangan sejumlah kain merah putih di TPS 18 yang ada di Jalan Pandan Kecamatan Klojen terbukti menarik simpati masyarakat dalam pemilu untuk datang ke TPS yang ada di lapangan basket sebuah sekolah dasar ini.

TPS ini dipersiapkan selama dua hari dengan nuansa pernikahan yang diartikan sebuah pesta, sedangkan merah putih untuk menggambarkan persatuan atau kebersamaan masyarakat. Jadi dalam sebuah pesta demkokrasi ini harus ada kebersamaan dan tidak ada gesekan antarumat atau golongan tertentu.

Hal itu yang disampaikan Ketua RW 4 Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Edyson Indawan di sela-sela pemungutan suara, pada Rabu 17/04/2019). Karena nuansanya pesta, kata dia, maka usai menyalurkan hak pilihnya, warga dipersilakan untuk menikmati makanan dan minuman secara gratis sebelum meninggalkan TPS.

Di TPS 18 ini, lanjut pria paruh baya itu, ada 289 warga yang memiliki hak pilih dan ada 10 warga sebagai pemilih tambahan. Hasilnya, dengan keunikan TPS ini, partisipasi masyarakat mencapai 75 persen. Warga pun mengapresiasi positif. Mereka mengaku senang dan tertarik dengan adanya TPS ini. Apalagi ada sajian makan minum secara gratis, dan warga sekitar pun bergotong-royong untuk membuat TPS unik ini.

Untuk penyelenggaraan pesta demokrasi berikutnya, Edyson selaku ketua RW 4 berencana akan membuat TPS yang lebih semarak dan unik sehingga warga pun mau berbondong-bondong datang ke TPS. “Dengan demikian, nantinya akan turut membantu pemerintah, dalam hal ini, penyelenggara pemilu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” pungkasnya. (say/dmb)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content