Berita

Wali Kota Malang Berangkatkan Kirab Budaya Hardiknas 2019

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Widayaati, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM, ketua pelaksana Kirab Budaya Hardiknas 2019 Drs. Burhanuddin, M.Si., memberangkatkan Kirab Budaya Hardiknas 2019 yang mengambil start-finish di Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang Jalan Veteran No. 19 Kota Malang, Sabtu (4/5/2019).

Kirab Budaya Hardiknas 2019

Kirab Budaya Hardiknas ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019. Kegiatan ini diikuti kurang lebih enam ribu peserta dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Taman KanakKanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri maupun Swasta se-Kota Malang.

Rute Kirab Budaya dimulai dari depan kantor Dinas Pendidikan Kota Malang Jl. Veteran – Jl. Sumbersari – Jl. Surabaya – Jl. Jakarta – Jl. Bogor – Jl. Veteran. Kirab Budaya ini memaknai lima momen penting yakni memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, Hari Ulang Tahun ke-105 Kota Malang, Hari Kartini Tahun 2019, Hari Bumi serta menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada insan pendidikan Kota Malang yang senantiasa mendidik, membimbing, mengajari dan membekali anak  anak generasi penerus bangsa dengan ilmu yang bermanfaat. “Sejatinya anak merupakan investasi masa depan. Manakala saat ini kita mendidik, membimbing dan mengajarkan hal baik yang kelak dikemudian hari mampu menjadikan anak didik sebagai insan yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa,” jelasnya.

Sutijai juga mengajak kepada peserta kirab budaya untuk tertib dalam melaksanakan Kirab Budaya Hardiknas 2019 dengan tidak menganggu arus lalu lintas secara berlebihan.

“Tunjukkan pada masyarakat luas bahwasannya kita adalah insan terdidik yang tertib berlalu-lintas. Marilah kita beri suri tauladan yang nyata pada anak didik yang kelak akan meneruskan estafet kepemimpinan negeri ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing, memberikan pertolongan, memberikan kekuatan dan naungan-Nya dalam menjalankan aktivitas sehari hari, menunaikan tugas dan kewajiban hari ini, hari esok dan masa mendatang,” ucap Sutiaji memanjatkan doa sesaat sebelum memberangkatkan kirab.

Berbagai kostum dikenakan ribuan peserta untuk memeriahkan Kirab Budaya Hardiknas 2019. Terlihat peserta yang menggunakan busana penari topeng, baju adat dari berbagai belahan Nusantara, hingga busana muslim.

Tema kirab yang diangkat kali ini ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Budaya’ sangat terasa. “Seperti penampilan Jula-Juli merupakan kombinasi keseimbangan otak kanan dan otak kiri, dimana otak kanan untuk berpikir terkait akademi dan otak kiri untuk kreativitas budaya,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.(EM/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content