Artikel

Minat Donor Masyarakat Tinggi, Stok Darah PMI Kota Malang Selama Ramadan Aman

Klojen (malangkota.go.id) – Meski sudah memasuki bulan Ramadan, keinginan warga masyarakat Kota Malang untuk berbagi dengan sesama melalui donor darah tetap besar. Ini terlihat dari aktivitas pendonor yang menyumbangkan darahnya di Kantor Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang Jl. Buring No. 10, Selasa (14/5/2019).

Warga melakukan donor darah di UTD PMI Kota Malang

Salah seorang pendonor darah, Rustini mengungkapkan kedatangannya ke PMI Kota Malang untuk mendonorkan darahnya kali ini adalah yang pertama kali. Namun sebelumnya saat di Surabaya, dikatakannya bahwa dirinya sudah sering melakukan donor darah.

“Kalau bantu uang saya tidak bisa, sebab tinggal di Malang saja masih ngekos. Karena itu saya sangat senang sekali bisa membantu dengan donor darah,” jelasnya, Selasa (14/5).

Menurut Rustini, ada kebahagiaan tersendiri bisa membantu sesama dengan melakukan donor darah. Donor darah juga membuatnya merasa nyaman sebab tubuh rasanya semakin bugar usai melakukan pendonoran. “Setiap tiga bulan sekali saya biasanya donor, rasanya lega setelah donor (darah),” ungkap Rustini.

Sementara itu Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kota Malang dr Enny Sekar Rengganingati mengatakan meski di awal puasa jumlah pendonor sempat turun, namun beberapa hari belakangan meningkat. Di bulan Ramadan ini stok darah di Kantor PMI Kota Malang cukup banyak, dan ini berkat kepedulian masyarakat Kota Malang yang begitu tinggi.

“Dengan persedian darah yang cukup, PMI Kota Malang bahkan membantu beberapa daerah seperti Jambi yang meminta bantuan karena kekurangan stok darah,” ungkap Eny.

Selama Ramadan, PMI Kota Malang juga melakukan aksi jemput bola, seperti halnya dengan menggelar donor darah di Masjid Jami’ Kota Malang seusai buka puasa, di gereja, kampus, mal dan juga instansi-instansi.

PMI Kota Malang juga memberikan tali asih bagi pendonor darah di bulan Ramadan yang melakukan donor darah di Kantor PMI Kota Malang dengan memberikan paket sembako 5 lima kilogram beras. Dalam sehari  PMI Kota Malang selama Ramadan ini berhasil mengumpulkan sekitar 75 kantong darah. (cah/yon)

Baca juga dalam : Artikel
Jumat, 24 Mei 2019 5:00 WIB

Kebutuhan LPG Diprediksi Naik 9 Persen

Jumat, 24 Mei 2019 5:00 WIB

Pertamina Siaga Penuhi Kebutuhan BBM dan LPG