Artikel

Peminat SBMPTN UB Malang Terbanyak di Indonesia

Klojen (malangkota.go.id) – Universitas Brawijaya (UB) Malang menempati posisi pertama peminat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Indonesia dengan jumlah peminat sebanyak 55.871 pendaftar. Jumlah tersebut dengan perincian masing-masing untuk program studi Saintek ada 33.987 pendaftar sedangkan untuk Soshum ada 21.884 pendaftar.

Peserta saat mengikuti seleksi

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Brawijaya Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES, Kamis (27/06/2019) mengatakan, untuk tahun 2019 UB juga menempati posisi pertama pendaftar terbanyak jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Pendaftar SBMPTN UB terbanyak di Indonesia sama seperti SNMPTN. Siswa dari seluruh Indonesia sudah kenal dengan UB, jumlah fakultas di UB juga banyak. Selain itu, suasana dan lingkungan Kota Malang khususnya di UB juga mendukung untuk semua kalangan ekonomi,” katanya.

Aulanni’am juga menjelaskan bahwa untuk SBMPTN tahun 2019 ini nilai yang diambil murni dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). “Berbeda dengan universitas lain yang mungkin menyediakan kriteria lain untuk daftar SBMPTN. Di UB nilai 100 persen diambil dari UTBK dan tidak ada kriteria lain seperti portofolio prestasi,” imbuh Aulanni’am.

Dijelaskannya, pada SBMPTN tahun ini, untuk prodi Saintek daya tampung yang ditetapkan sebanyak 3.627 dengan dengan pendaftar yang menempatkan UB pada pilihan pertama sebanyak sebanyak 18.423 dan pilihan kedua sebanyak 15.564.

Sementara untuk Soshum daya tampung sebanyak 1.988 dengan pendaftar yang menempatkan UB pada pilihan pertama sebanyak 12.580 dan pilihan kedua sebanyak 9.304.

Sedangkan untuk prodi paling diminati SBMPTN adalah Ilmu Hukum (2.584), Agroteknologi (2.202), Peternakan (1.734), Ilmu Administrasi Bisnis (1.598), dan Pendidikan Dokter (1.468).

Sementara itu untuk jalur Mandiri, UB menetapkan kuota 30 persen dari jumlah total mahasiswa baru yang diterima. Untuk lebih meningkatkan kualitas, selain tes tulis, tahun ini UB memberikan kriteria lain berupa portofolio prestasi bagi pendaftar jalur mandiri. “Persyaratannya yang lain (informasi lengkap mengenai seleksi mandiri) bisa dilihat di website www.selma.ub.ac.id,” terangnya. [UB/say/yon]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content