Artikel

BI Gandeng KEMI Agar UMKM dan IKM Rambah Pasar Internasional

Klojen (malangkota.go.id) – Bersama Komunitas Eksportir Muda Indonesia (KEMI), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang memberikan pelatihan khusus bagi pelaku UMKM dan IKM di Malang Raya, Rabu (28/08/2019). Workshop yang di gelar di Kantor Bank Indonesia Malang ini mengusung tema ‘Ekspor Itu Mudah’ Menuju UMKM dan IKM Go Ekspor.

Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi BI Malang, Rini Mustikaningsih dan Ketua KEMI Kustanto melihat produk UMKM dan IKM

Peserta pelatihan yang mayoritas merupakan pelaku UMKM dan IKM binaan ini dibekali berbagai ilmu agar bisa memasuki pasar ekspor, terutama dalam bidang pemasaran yang memanfaatkan media daring serta sebagai upaya meningkatkan kualitas produk yang berdaya saing.

Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi BI Malang, Rini Mustikaningsih mengungkapkan pelatihan seperti ini sangat penting. Menurutnya, produk UMKM Indonesia, seperti fashion dan produk hasil pertanian seperti kopi memiliki kualitas tinggi dan layak memasuki pasar internasional.

“Yang kita harapkan ya tentu saja UMKM dan IKM itu produknya terus meningkat kualitasnya, sehingga bisa berlanjut ekspor. Seperti dikatakan Ketua KEMI, yang belum ekspor bisa ekspor, dan yang sudah ekspor nantinya bisa meningkat ekspornya,” imbuh perempuan berhijab itu.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua KEMI, Kustanto. Menurutnya jika para pelaku UMKM dan IKM diwadahi, serta satu visi saat memasarkan produk, maka untuk menembus pasar global sangat mudah.

“Selama ini negara-negara Eropa, Timur Tengah dan Asia merupakan pasar potensial bagi produk UMKM dan IKM Indonesia,” ungkapnya.

Ke depan, disampaikannya sejumlah negara yang notabene tidak dilirik, seperti Tanzania dan Maladewa akan menjadi bidikan para pelaku UMKM dan IKM Indonesia. “Di negara-negara kepulauan tersebut tidak ada pabrikasi, sehingga membutuhkan produk-produk jadi, dan ini menjadi peluang besar bagi para pelaku UMKM dan IKM kita,” pungkas Kustanto. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content