Berita

Wawali Tekankan Pentingnya Aksesibilitas Lansia

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Mengambil tema ‘Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat’, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang menggelar Pramusrenbang Lansia RKPD 2021 di Hotel Savana Malang, Kamis (21/11/2019).

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko foto bersama peserta Pramusrenbang Lansia

Kepala Barenlitbang Kota Malang, Dwi Rahayu, SH, M.Hum mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah tahun kedua penyelenggaraan pramusrenbang tematik. “Salah satunya menyasar kelompok lansia Kota Malang,“ jelas Dwi Rahayu.

Sementara itu Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dalam sambutannya menekankan pentingnya menghimpun berbagai dan ragam pemikiran dalam merumuskan serta menyusun program kegiatan pembangunan Kota Malang untuk tahun anggaran 2021.

“Salah satunya dari Bapak/Ibu Lansia. Terlebih angka harapan hidup di Indonesia dari waktu ke waktu makin baik. Di Kota Malang angka harapan hidup ada pada kisaran 72 tahun. Ini artinya kesadaran hidup sehat makin baik, maknanya peran Lansia makin diharapkan,“ terang Bung Edi, demikian Wawali Malang itu akrab disapa.

Diutarakan pula oleh Bung Edi, tujuan dari lansia Kota Malang yang utama dan yang pertama adalah membangun derajat kesehatan.

“Karena begitu faktor itu terwujud, maka aspek kemandirian, sejahtera, dan bermartabat akan secara otomatis terbangun. Dan dengan potensi pengalaman lansia, itu yang harus dimanfaatkan secara positif dan konstruktif, sehingga dengan pengalaman itu juga yang menyimpan dan menjadi sejuta energi pembangunan Kota Malang,” lanjutnya.

Secara khusus Bung Edi juga menekankan pentingnya mengoptimalkan secara terus menerus kawasan ramah lansia. Diantara parameternya adalah mewadahi secara baik fasilitasi kesehatan lansia, kemandirian, pengkayaan taman-taman lansia, posyandu lansia serta aksesibilitas infrastruktur yang memadai dan ramah lansia. (humas/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content