Berita

Atasi Banjir, Kecamatan Blimbing Gencarkan Pembuatan Sumur Resapan

Blimbing (malangkota.go.id) – Gerakan Menabung Air (Gemar) dengan membuat sumur injeksi (sumur resapan) sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya genangan air atau bahkan banjir terus digalakkan Pemerintah Kota Malang. Hal ini terlihat saat Wali Kota Malang me-launching Bank Sampah Malang Sinam serta meninjau praktik pembuatan sumur injeksi di kantor Kecamatan Blimbing Kota Malang, Selasa (11/2/2020).

Wali Kota Malang bersama Wawali Malang, Sekda Kota Malang, Prof. Dr. M. Bisri dan pihak terkait lainnya saat meninjau sumur injeksi di kantor Kecamatan Blimbing

Pada kesempatan ini Wali Kota Malang hadir didampingi Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko, Sekda Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH dan Prof. Dr. M. Bisri. Dengan adanya pembangunan sumur injeksi ini disampaikan Sutiaji sangat penting untuk menjaga kualitas air di Kota Malang sekaligus meminimalisir terjadinya banjir. “Kami senang program sumur injeksi di Kota Malang terus menggelora. Ini merupakan langkah nyata untuk menjaga lingkungan,” kata Sutiaji, Selasa (11/2/2020).

Melihat begitu penting dan bermanfaatnya sumur injeksi, Wali Kota Malang meminta program ini dilakukan di seluruh kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Malang, setidaknya masing masing kelurahan memiliki sepuluh sumur injeksi. ‘Teknisnya kami hadirkan pakar penemu sumur injeksi Profesor Bisri untuk bisa berbagi ilmu dengan kita semua,” imbuh Sutiaji.

Profesor Bisri mengaku senang sumur injeksi yang sudah ditemukan sejak tahun 2013 saat ini semakin mendapat perhatian. Dimana sumur injeksi merupakan salah satu sarana untuk menampung air, menjaga kelembaban lingkungan sekaligus mencegah banjir.

“Ingat, selain sumur injeksi untuk mencegah banjir yang harus dilakukan adalah menjaga drainase air agar semua berjalan lancar. Tidak bisa hanya mengandalkan sumur injeksi saja,” tegas Bisri.

Sementara itu Camat Blimbing Drs. Muarif, M.Si mengatakan Kecamatan Blimbing kini terus mengampanyekan pembuatan sumur injeksi termasuk di area kosong di Kantor Kecamatan Blimbing. Saat ini ada sebelas titik yang sudah dibangun dan dikerjakan. “Yang pertama dulu ada empat titik, saat ini di area Kantor Kecamatan Blimbing ada sebanyak sebelas sumur injeksi,” terang Muarif.

Banyaknya sumur injeksi di Kantor Kecamatan Blimbing, dikatakan Muarif hasilnya signifikan untuk dapat langsung memasukkan air hujan ke tanah sehingga tidak melimpah ke jalan. Dari kenyataan ini ke depan pihaknya memprogamkan untuk lebih banyak lagi sumur resapan yang dibangun di wilayah Kecamatan Blimbing. “Terutama di daerah yang sering tergenang air, keberadaan sumur injeksi sangat diperlukan,” terang Muarif lagi. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content