Artikel

Ajak Anak Cintai Lingkungan Lewat Lomba Mewarnai

Klojen (malangkota.go.id) – Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2020 dipusatkan di Alun-alun Merdeka Kota Malang, Minggu (1/3/2020). Acara yang diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang ini meliputi berbagai kegiatan yang diantaranya adalah aksi bersih-bersih dalam rangka Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS), kampanye sampah dan pameran produk daur ulang, pembagian kompos dan tas belanja, serta berbagai lomba-lomba.

Lomba mewarnai dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2020 di Alun-alun Merdeka Kota Malang

Lomba peduli sampah yang digelar kali ini pun dibagi berbagai kategori, yakni lomba mewarna, lomba melukis tong sampah, lomba kerajinan daur ulang sampah, dan lomba fashion show. Keceriaan tampak dari wajah para peserta lomba, salah satunya adalah Salma Awanis Azizah yang mengikuti lomba melukis tong sampah.

Dengan telaten Salma menggoreskan kuas di media lukisnya, mulai dari membuat sketsa, mewarnai hingga menyempurnakan lukisan. Pelajar SDN Sukun 3 tersebut mengungkapkan jika dirinya selama ini sudah biasa melukis, namun medianya yaitu kertas dan kanvas. Baru pada lomba kali ini ia melukis di atas media lukis yang tidak biasa baginya, yakni tong sampah.

“Lukisan saya hari ini aliran Kali Brantas yang ada di Sukun yang ceritanya dulu sangat jernih sekali sehingga sangat asyik untuk bermain dan mencari ikan,” ucap Salma menceritakan apa yang dilukisnya, Minggu (1/3/2020).

Melihat fenomena sungai di dekat tempat tinggalnya yang keruh akibat banyaknya sampah dan limbah yang dibuang sembarangan, siswa kelas  enam ini membayangkan sungai itu bisa jernih kembali.

“Melalui lukisan ini saya mengajak masyarakat untuk mencintai sungai. Sungai adalah sumber kehidupan, jangan lagi dicemari. Sungai bukanlah tempat pembuangan sampah yang panjang,” lugas Salma.

Diakui Salma, berbeda dengan melukis di kanvas, melukis langsung di atas bak sampah memang tidaklah mudah. Dibutuhkan kehati-hatian yang serius agar bisa membuat gambar menarik di tengah terbatasnya waktu.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Dra. Rinawati, MM mengungkapkan jika pada peringatan HPSN kali ini DLH banyak menggelar kegiatan. “Sengaja kami mengajak anak-anak mengikuti lomba lukis di bak sampah untuk mengenalkan dan mengajak mencintai kebersihan lingkungan sejak dini,” kata Rina.

Dari kegiatan ini DLH juga ingin mendorong masyarakat secara keseluruhan untuk mencintai budaya hidup bersih, serta mau menjaga lingkungan dengan terus menggalakan kegiatan peduli dan ramah lingkungan. (cah/yon)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content