Berita

Menko PMK Tinjau Kampung Tangguh Purwantoro

Blimbing (malangkota.go.id) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy meninjau Kampung Tangguh Mandiri (KTM) RW 5 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang, Rabu (3/6/2020).

Menko PMK RI Muhadjir Effendy saat meninjau KTM RW 5 Purwantoro

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menilai semangat gotong-royong yang ditunjukkan warga KTM Kelurahan Purwantoro telah mencerminkan upaya dalam menjalankan gerakan nasional revolusi mental.

“Tadi saya lihat di sini ada mlijo gratis atau pasar gratis. Masyarakat siapa saja yang membutuhkan bisa ambil beras di sini, yang mampu juga bisa ikut menyumbang. Saya kira inilah bentuk revolusi mental yang bisa kita jadikan contoh,” ujarnya usai meninjau masa Kehidupan Normal Baru di KTM pasca pelonggaran PSBB oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Keberadaan KTM RW 5 Kelurahan Purwantoro yang menyiapkan rumah isolasi bagi ODP/PDP bagi masyarakat yang disinyalir terinveksi Covid 19 sudah tepat,” kata Menteri Muhadjir mengapresiasi, Rabu (3/6).

Di Kampung tangguh ini juga memiliki tim terlatih untuk pemulasaraan jenazah Covid-19. Muhadjir menyaksikan peragaan penanganan jenazah Covid-19. Jenazah pertama dimasukkan plastik dari arah kepala, lalu dikafani, dan dilapis plastik lagi. Terakhir, kalau tidak ada peti dimasukkan kantong jenazah sebelum dikubur. Dalam peragaan, jenazah diganti boneka ukuran manusia. Kampung itu sendiri bebas Covid-19, namun telah siap bila ada kedaruratan.

Pada kesempatan ini Muhadjir juga menyaksikan langsung bagaimana warga RW 5 memanfaatkan setiap potensi untuk bisa dimanfaatkan dengan baik, diantaranya pemanfaatan melimpahnya air di wilayah kampung untuk budi daya ikan lele, nila dan ikan koi.

Tidak hanya memelihara, warga kampung juga sudah mengolah lele menjadi makanan yang memiliki nilai jual tinggi. Diantaranya dijadikan bakso, stik lele dan juga sempol lele yang saat ini sudah dikembangkan menjadi usaha warga. (cah/yon)

You may also like

Skip to content