Berita

Penilaian Lomba Kampung Bersinar, RW 10 Cemorokandang Miliki Segudang Potensi

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Lomba Kampung Bersinar 2020 yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang saat ini memasuki tahap penilaian yang dimulai kemarin Senin (5/10/2020) hingga Rabu (4/11/2020). Total ada 157 RW yang turut berpartisipasi dan salah satu yang mendapat penilaian adalah RW 10 Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Penilaian Lomba Kampung Bersinar di RW 10 Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Tim juri Lomba Kampung Bersinar antara lain yakni Candra Dwiratna W., ST,MT (ITN), M. Djainul Arifin (Kader Lingkungan Kota Malang), Ir. Arif Abiyana (DLH Kota Malang), serta Abdul Mutholib (Radar Malang) melakukan peninjauan langsung ke RW yang berada di perbukitan Gunung Buring ini, Selasa (06/10/2020).

Dengan berjalan kaki, para juri yang didampingi Lurah Cemorokandang melihat satu persatu potensi yang dimiliki RW 10 Cemorokandang. Mulai dari bank sampah, galeri kriya, kebun anggrek, kebun toga, budi daya ikan, pembuatan pupuk organik dan masih banyak yang lainnya. Di galeri kriya, para juri dibuat kagum dengan beragam kreativitas ibu-ibu. Mulai dari kerajinan dari kain perca, boneka dari kaos kaki, baju eco-print hingga bunga dari daur ulang plastik.

Bahkan ibu-ibu juga mempraktekkan bagaimana membuat kain eco-print yang dibuat dari kain dan bahan dedaunan. “Ini sangat kreatif, bisa memanfaatkan alam dan mengolahnya menjadi baju dengan nilai jual yang tinggi,” ucap salah satu juri, Abdul Mutholib, Selasa (6/10/2020).

Sementara itu juri dari Kader Lingkungan Kota Malang, Djainul Arifin mengatakan lingkungan RW 10 Cemorokandang sudah cukup baik, asri dan potensi warga dalam pengelolaan lingkungan juga bagus. Hanya saja ada beberapa hal yang masih butuh dilengkapi. Ia menjelaskan kriteria dalam penilaian Kampung Bersinar diantaranya keaktifan kader lingkungan, pengelolaan sampah, irigasi dan keberadaan biopori.

“Kami harap dengan lomba ini semakin memotivasi warga untuk lebih peduli dengan lingkungan. Apalagi saat pandemi ini, kami harap warga bisa menciptakan lingkungan nyaman, udara bagus sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh,” ucap Djainul.

Lurah Cemorokandang, Ahmad Ridwan, SE pun berharap agar lingkungan di Cemorokandang bisa menjadi lebih baik dengan adanya lomba ini. “Potensi yang dimiliki empat RW yang mewakili Cemorokandang, yakni RW2, RW6, RW8 dan RW10 ini sangat luar biasa, rata-rata warga sudah tinggi kesadarannya terhadap lingkungan bukan dadakan karena ada lomba,” ucap Ridwan.

Sementara itu Ketua RW 10, Norman Avianto mengatakan bahwa RW 10 baru pertama kalinya ditunjuk mewakili Kelurahan Cemorokandang untuk mengikuti lomba ini. Namun meskipun baru pertama kali, RW 10 siap menjadi Kampung Bersinar karena pengelolaan lingkungan yang baik dan potensi warganya.

“Tapi bukan semata-mata untuk mengejar kemenangan saja motivasi kami, yang terpenting adalah bagaimana kepedulian warga semakin meningkat, guyup rukun dan berimbas pula pada peningkatan ekonomi warga,” ucap Avi, sapaan akrabnya. (cah/yon)

You may also like

Skip to content