Berita

Penanggungan Raih Juara I Kelurahan Tangguh Bencana Kategori Madya Tingkat Prov. Jatim

Klojen (malangkota.go.id) – Prestasi gemilang kembali diraih oleh Kota Malang. Kali ini giliran Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen menorehkan prestasi dengan meraih Juara I Kelurahan Tangguh Bencana Kategori Madya Tingkat Provinsi Jawa Timur. Apel pagi sekaligus pemberian penghargaan tersebut dipimpin oleh Sofyan Edi Jarwoko selaku Wawali Kota Malang. (19/10/2020).

Lurah Penanggungan Yuyun Nanik Ekowati menyerahkan piagam penghargaan dan piala Juara I Lomba Kelurahan Tangguh Bencana Kategori Madya Tingkat Provinsi Jawa Timur kepada Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko

Kesuksesan ini menambah deretan panjang prestasi Kota Malang di tingkat regional Jawa Timur,  karena di bulan yang sama Kota Malang juga meraih juara 1 Sinergitas Kinerja Kecamatan Provinsi Jawa Timur.

Menanggapi hal ini, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan rasa bangganya dan ucapan selamat atas prestasi yang diperoleh Kelurahan Penanggungan. “Pagi hari ini kita cukup bangga melihat rayaan prestasi warga Kelurahan Penanggungan. Bersama-sama lurah, warga masyarakat sudah dinilai meraih prestasi untuk Kelurahan Tangguh Bencana tingkat Madya Provinsi Jawa Timur. Selamat,” ucapnya.

Penghargaan ini menjadi bukti bahwa kesadaran masyarakat, pemerintah, dan para stakeholder sudah memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terkait masalah-masalah kebencanaan terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Sebagai informasi, Kota Malang saat ini sudah memasuki zona orange Covid-19.

Wawali yang kerap disapa Bung Edi itu juga mengatakan bahwa tindak lanjut ke depan terkait prestasi ini adalah agar tercipta Kelurahan Tangguh di kelurahan yang lain di Kota Malang. “Tindak lanjutnya bagaimana muncul seperti Kelurahan Penanggungan di kelurahan-kelurahan yang lain. Kelurahan Penanggungan bisa bergerak lagi ke tingkat utama,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini juga dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Drs. Alie Mulyanto, MM, Lurah Penanggungan Yuyun Nanik Ekowati, Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Penanggungan dan juga beberapa perwakilan elemen masyarakat dari Kelurahan Penanggungan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang Drs. Alie Mulyanto, MM mengatakan bahwa perlunya mencapai target untuk terus membangun dan mengembangkan Kampung Tangguh yang sampai saat ini sudah terdaftar di BPBD sebanyak 40 kampung dan masih kurang 17 lagi, sedangkan yang sudah terdaftar dipihak kepolisian sebanyak 29 dan dari TNI-Polri kurang lebih sudah ada 13.

“Ini semuanya berkembang dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka menanggulangi bencana karena ini juga bencana yang harus kita hadapi bersama,” jelasnya.

Menanggapi raihan prestasi tersebut, Lurah Penanggungan Yuyun Nanik Ekowati mengungkapkan hal ini berkat kolaborasi pentahelix tidak hanya pemerintah, masyarakat, tetapi juga melibatkan dunia usaha dengan diwujudkan dengan nota kesepakatan bersama dalam rangka pengembangan Kampung Tangguh Bencana.

Penghargaan Kelurahan Tangguh Bencana Kategori Madya Tingkat Provinsi Jawa Timur telah diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Wawali Sofyan Edi bersamaan dengan Upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (12/10/2020). (AVY/yon)

You may also like

Skip to content