Artikel

Istana Ikan Balearjosari Kembangkan Produk Olahan Ikan

Blimbing (malangkota.go.id) – Istana Ikan Balearjosari Kota Malang memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Bukan hanya melalui budidaya lele di ember, kolam terpal yang saat ini dikembangkan Istana Ikan juga merambah berbagai produk makanan.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko saat mengunjungi Istana Ikan Balearjosari

Ketua Istana Ikan Balearjosari Kota Malang, Agus Wahyudi mengungkapkan selain budidaya ikan, Istana Ikan kini mengembangkan berbagai produk olahan. Banyak sekali jenisnya namun semuanya yang berhan baku ikan.

“Kami sengaja juga mengolah ikan menjadi aneka makanan untuk menyiasati agar saat harga ikan jatuh kami tidak kebingunan mendapatkan penghasilan,” jelas Agus, Selasa (20/10/2020).

Agus menambahkan setelah membuat olahan ikan ternyata animo masyarakat atas hasil olahan ikan justru semakin meningkat. Setiap hari berbagai produk olahan seperti abon ikan, ikan asap, krispi kulit patin, nasi bakar ikan, bandeng asap selalu ada permintaan.

Alhamdulillah dengan kami membuat berbagai produk olahan justru saat masa pandemi Covid-19 saat ini semakin banyak permintaan,” tegas Agus.

Dengan semakin sadarnya masyarakat terhadap pentingnya gizi untuk bisa menjaga kesehatan olahan ikan saat ini semakin menjadi primadona. Untuk itu agar selalu bisa memenuhi permintaan pelanggan Istana Ikan harus semakin kreatif membuat berbagai produk. “Agar produk-produk yang kami buat bisa semakin berkembang Istana Ikan juga mendirikan koperasi,” ujar Agus.

Melalui adanya koperasi disebutkan Agus anggota kelompok Istana Ikan semakin mudah mengakses permodalan. Membaca apa keinginan pasar dan membuat produk-produk yang diminati pasar sehingga bisa semakin menyejahterakan anggota.

Meski produk olahan ikan saat ini semakin bagus permintaan, Agus menyebutkan Istana Ikan tidak melupakan usaha yang sudah dirintis sejak lama budidaya ikan, penjualan kolam terpal.  Istana Ikan beralamatkan di Perumahan Istana Karangasem RT 8/RW 2 Kelurahan Balearjosari. (cah/ram)

You may also like

Skip to content