Berita

Kecamatan Lowokwaru Himpun Usulan Warga di Pra Musrenbang

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang melalui Kecamatan Lowokwaru menyelenggarakan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di kantor kecamtan setempat, Kamis (28/01/2021). Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko hadir di Pra Musrenbang Kecamatan Lowokwaru

Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko mengatakan saat ini semua orang sedang menghadapi sebuah kondisi extraordinary, yaitu wabah Covid-19. “Maka, kula nyuwun tulung masalah penanggulangan Covid-19 ini adalah prioritas. Artinya keselamatan warga kita akan hidupnya menjadi yang utama,” ujar orang pertama di Kota Malang yang divaksin Covid-19 hari ini.

Dampak Covid-19 ini sangat luar biasa dalam masalah sosial, maka kebijakan-kebijakan jaring pengaman sosial harus lebih diperhatikan. Demikian juga dampak ekonomi menjadi prioritas penting dalam pemetaan kondisi hari ini. Bung Edi menambahan bahwa angka kemiskinan di Kota Malang mengalami kenaikan dari angka 4,07% menjadi 4,44% dari 35.000 jiwa warga miskin naik menjadi sekitar 40.000 jiwa. Dampak Covid-19 di bidang ekonomi ini juga terlihat lesunya dunia usaha dan banyaknya PHK, rolling pekerja, angka penggangur di Kota Malang naik menjadi 9,6%.

Bung Edi juga mengedukasi masyarakat untuk tidak takut divaksin karena sudah dipastikan aman dan halal. Jika terjadi efek samping, itu merupakan sebuah kondisi yang normal, sehingga masyarakat tidak perlu takut atau enggan divaksin.

Sementara itu, Camat Lowokwaru, Joao Maria Gomes de Carvalho, S. IP mengatakan dari 12 kelurahan usulan yang masuk sejumlah 1.066, dengan nominal hampir Rp120 miliar. Ia berharap dalam forum tersebut bisa menentukan skala prioritasnya pembangunan di Kecamatan Lowokwaru.

Dalam kesempatan ini, Jo juga mengatakan ada beberapa masukan dari warga untuk dijadikan pertimbangan bagi semua pihak. Salah satunya adalah beberapa titik di Jalan Soekarno-Hatta yang selalu menimbulkan genangan. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya sampah yang dibuang secara sembarangan sehingga drainase tersumbat. Selain itu usulan tentang Jembatan Sudimoro yang perlu ditinggikan, dan pelebaran jalan tembus Jalan Terusan Soekarno-Hatta/Jalan Terusan Ikan Tombro. Tujuannya agar bisa memecahkan arus lalu lintas di kawasan Soekarno-Hatta melalui Borobudur.

Perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Nina Sudiarty, S.STP., M.S, menyampaikan prioritas pembangunan tahun 2022 adalah peningkatan pelayanan kesehatan dan optimalisasi pendidikan dalam pandemi/era baru, optimalisasi pemberdayaan masyarakat dan kinerja kecamatan/kelurahan tangguh, pembangunan infrastruktur secara terintegrasi, dan pemulihan ekonomi dengan menumbuhkan dan meningkatkan ekonomi kreatif.

Sedangkan tujuan pra musrenbang untuk membuat skala prioritas usulan yang akan diteruskan ke perangkat daerah dan dilaksanakan melalui anggaran di kelurahan. Mantan Lurah Tulusrejo ini menyampaikan bahwa ada 4.857 usulan yang masuk di Kota Malang, dan untuk Kecamatan Lowokwaru sendiri sejumlah 1.066 usulan. (ari/ram)

You may also like

Skip to content