Berita

Wali Kota Malang: Koperasi Harus Miliki Inovasi

Malang, (malangkota.go.id) – Setiap warga Kota Malang hendaknya memanfaatkan keberadaan koperasi dengan menjadi anggota koperasi yang sehat. Sehingga dapat menopang dan menunjang kehidupan yang lebih baik nantinya. Dengan berkoperasi, maka akan turut meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji (dua dari kiri) membuka acara bimbingan teknis dan menyampaikan banyak pesan kepada anggota koperasi

Demikian yang disampaikan Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji usai membuka acara bimbingan teknis pelaksanaan rapat anggota koperasi di Hotel Gajah Mada Kota Malang, Rabu (27/01/2021). Di hari pertama ini Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang yang menggawangi acara ini mengundang 60 orang dari perwakilan 60 koperasi wanita.

Pada hari kedua, juga akan diundang 60 perwakilan dari berbagai jenis koperasi seperti koperasi simpan pinjam, serba usaha dan koperasi pegawai Republik Indonesia. Wali Kota Malang, Sutiaji pun berharap dengan adanya gelaran ini dapat mengoptimalkan dan lebih menyehatkan setiap koperasi.

Di sisi lain, pria berkacamata itu mengimbau agar tidak menyalahgunakan keberadaan koperasi. Misalnya dengan menyaring anggotanya, seperti jangan sampai ada rentenir yang masuk menjadi anggota. “Jika itu terjadi maka praktik-praktik rentenir yang berkedok koperasi akan semakin meresahkan masyarakat,” jelas Sutiaji.

Jika ada praktik yang demikian, kata dia, maka bukan lagi menjadi ranah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jika sampai terjadi sengketa, tapi bisa ke ranah hukum. Oleh sebab itu, koperasi harus benar-benar selektif dalam menjalankan semua aktivitasnya.

Yang tak kalag penting, Sutiaji juga mengimbau agar koperasi tidak hanya berkutat dalam simpan pinjam dalam aktivitasnya. Koperasi harus berinovasi dan berkolaboeasi, seperti dengan menggandeng pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan membuka usaha kecil bagi para anggotanya. (ram/say)

You may also like

Skip to content