Berita

Buka Musrenbang Klojen, Wali Kota Ingatkan Program Prioritas

Malang, (malangkota.go.id) – Saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 yang digelar di aula Kantor Kecamatan Klojen, Rabu (03/02/2021) Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyampaikan agar program pembangunan dilaksanakan dengan skala prioritas.

Kepala Bappeda, Dwi Rahayu mengawali penandatanganan program kerja kecamatan Klojen

Menurutnya, program pembangunan harus dipisahkan, mana yang jangka pendek, menengah dan panjang. “Semua elemen masyarakat harus terlibat secara aktif. Dan beberapa sektor yang harus mendapat perhatian yaitu terkait penanganan banjir. Saat ini sedang musim hujan dan rawan wabah penyakit seperti demam berdarah,” imbuh pria berkacamata itu.

Selain itu, Sutiaji menyampaikan jika penanganan dan atau pembenahan pasar besar dan pasar rakyat lainnya di wilayah Kecamatan Klojen ditargetkan teratasi di tahun 2022 mendatang. Orang nomor satu di Pemkot Malang itu juga meminta anggota DPRD dari daerah pemilihan Kecamatan Klojen yang juga hadir dalam gelaran ini agar turut mendukung program pembangunan terutama yang diperuntukkan warga masyarakat.

Lebih jauh Sutiaji mengatakan jika ada tiga tantangan kinerja di tahun 2022, yaitu akselerasi pencapaian target akhir tahun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), penuntasan permasalahan utama kota, penanggulangan pandemi dan pemulihan ekonomi.

“Kuncinya pada penanganan pandemi seperti disampaikan Presiden, agar kita bisa bersahabat dengan Covid-19,” ungkapnya.

Terkait hal tersebut maka masyarakat diimbau agar tidak lagi menerapkan 5M tapi sudah 6M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi aktivitas dan menjaga imun.

“Dengan demikian semua sektor tetap bertahan dan pada akhirnya program pemulihan ekonomi akan berangsur-angsur menunjukkan tren baik,” sambung Sutiaji.

Pernyataan senada disampaikan Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko. Melalui musrenbang ini, kata dia, hendaknya juga disampaikan kepada masyarakat jika Covid-19 ini semakin ganas. “Semua pihak harus lebih waspada dan melaksanakan apa yang diinstruksikan Pak Wali,” tandasnya.

Camat Klojen, Heru Mulyono, S.IP., MT pun mengaku akan melaksanakan apa yang diperintahkan Wali Kota Malang. Terutama karena saat ini sedang musim hujan, maka antisipasi dan penanganan banjir akibat tingginya curah hujan akan menjadi perhatian khusus. Begitu juga terkait penanganan Covid-19, Heru mengaku akan lebih mengintensifkan koordinasi dengan Satgas Covid-19 dan berbagai elemen masyarakat. Sehingga ke depan kasus-kasus Covid-19 dapat terus ditekan semaksimal mungkin. (say/ram)

You may also like

Skip to content