Berita

Gerakan Tanam Pohon Wujud Penghargaan Bagi Pahlawan

Malang (malangkota.go.id) – Banyak cara untuk menghargai jasa para pahlawan bangsa yang bisa dilakukan oleh generasi muda dan masyarakat pada umumnya. Salah satunya yaitu dengan membersihkan makam dan menanam pohon di area pemakaman para pahlawan tersebut. Karena tanpa para pahlawan, tidak mungkin rakyat Indonesia dapat merasakan dan menikmati udara kemerdekaan seperti saat ini.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mendamping Komandan Kodim 0833 kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadona saat menanam pohon

Setidaknya pesan itulah yang disampaikan oleh Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko usai menghadiri acara bersih-bersih makam bahagia di Kampung Mergosono, Rabu (03/02/2021). Di makam khusus para pahlawan yang gugur dalam meraih kemerdekaan tersebut, juga dilakukan penanam pohon bersama sejumlah angora organisasi kepemudaan yang tergabung dalam Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD), Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), dan Pembela Tanah Air (PETA).

Turut mendampingi Wakil Wali Kota Malang, Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadona yang secara simbolis juga mengawali penanaman 100 pohon pada acara tersebut. Disampaikan pria yang kerab disapa Bung Edi itu, saat musim hujan seperti saat ini sangat tepat untuk melakukan kegiatan penanaman apapun karena tanaman kemungkinan hidupnya besar.

“Dengan semakin hijaunya lingkungan kita maka secara otomatis akan meningkatkan kualitas udara sehingga akan menyehatkan warga masyarakat” ujarnya.

Dengan melibatkan anggota organisasi kepemudaan ini, maka hal ini juga menjadi bahan pendidikan karakter bagi kaum muda agar lebih mencintai pahlawan dan lingkungan.

Yang tak kalah penting, ditambahkan pria ramah tersebut, dengan gemar dan atau budaya menanam pohon ini maka juga akan turut menekan, dan bahkan mencegah terjadinya bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Bung Edi pun mengajak seluruh elemen masyarakat agar turut membudayakan menanam pohon ini agar ekosistem alam ini semakin baik.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadona. Menurutnya, menjaga lingkungan sangat penting, karena juga akan mempengaruhi pola hidup dan kesehatan masyarakat. “Kegiatan ini sangat positif, karena selain sebagai bentuk penghargaan bagi jasa para pahlawan, juga akan berdampak positif bagi warga masyarakat dengan ditanamnya 100 pohon di area pemakaman,” ungkapnya. (say/ram)

You may also like

Skip to content