Berita

Sutiaji: Kota Malang Gudangnya Para Seniman

Malang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengatakan Kota Malang merupakan gudang seniman. Dia berharap agar ada pembinaan secara berkelanjutan kepada generasi muda sehingga bisa mengambil pelajaran, transfer knowledge dan skill dari para seniman senior.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat memberikan pengarahan kepada Komunitas Seni Karya Bumi Ngalam (Kabunga) di Cafe Jeep, Jalan Ki Ageng Gribig 100

Selain itu, kata Sutiaji, Pemerintah Kota Malang juga bercita-cita untuk menguatkan pendidikan karakter, budi pekerti, pendidikan akhlak, dan terutama menghargai orang lain. Menurutnya hal tersebut merupakan cikal bakal untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik. Pernyataan itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan yang diinisiasi komunitas seni Karya Bumi Ngalam (Kabunga) di Cafe Jeep, Jalan Ki Ageng Gribig 100, Jumat (26/02/2021) pagi.

“Saya sangat mengapresiasi para seniman senior. Sumbangsih njenengan sungguh luar biasa untuk Kota Malang. Ilmu yang diberikan njenengan sungguh bernilai,” tutur Sutiaji.

Sutiaji berharap kegiatan ini dapat menjadi gerbang agar selanjutnya pemerintah dan para seniman di Kota Malang dapat menjalin komunikasi yang lebih intens. Tema yang diangkat dalam acara ini, yakni “SESEP: Seniman Sepuh” yang menurut Sutiaji dapat menghimpun para seniman senior dari beragam jenis kesenian ini.

“Saya telah meminta dinas terkait untuk menginventaris seniman sepuh yang sudah menyumbangkan karya berharga bagi bangsa dan negara, terutama Kota Malang. Budaya ini harus dikuatkan, kita harus menghargai karya bangsa” tutur Sutiaji.

Sementara itu, Ketua Kabunga Yuyun Sulastri mengatakan jumlah seniman sepuh di Kota Malang lebih dari 100 orang. Namun karena keterbatasan tempat dan untuk menjaga protokol kesehatan, maka diundang datang secara bertahap. Kabunga berharap bisa mengajak para seniman sepuh tetap berkreasi serta memberi kontribusi pada Kota Malang.

Petugas dari Dinas Kesehatan memberikan pemeriksaan kesehatan bagi para seniman sepuh

“Kabunga bermaksud untuk mendokumentasikan karya para seniman sepuh ini dalam bentuk buku atau film. Sehingga mereka juga bisa mendapat royalti dari karya tersebut. Selain itu dokumentasi ini bisa menjadi sumber pembelajaran bagi generasi muda,” beber Yuyun Sulastri.

Acara ini merupakan hasil kerja sama dengan Laziz NU dalam memberikan santunan bagi para seniman sepuh. Di akhir acara, diselenggarakan pemeriksaan kesehatan bagi para seniman sepuh. Para seniman diperiksa tekanan darahnya dan dilakukan anamnesa sederhana.

Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Malang juga memberi advice untuk mengatasi keluhannya dan memberikan beberapa vitamin yang dibutuhkan. Rencana ke depan, akan diselenggarakan pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi para seniman sepuh ini, termasuk membantu pendataan vaksin bagi seniman lanjut usia. (ari.ram)

You may also like

Skip to content