Berita

Musim Hujan, Pemkot Malang Galakkan Tanam Pohon Pule

Lowokwaru, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang terus menggalakkan penanaman pohon pule untuk menciptakan ruang terbuka hijau (RTH). Hal itu dilakukan mumpung masih musim hujan di wilayah Malang.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko saat menanam pohon pule di Kelurahan Tulusrejo

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko sebagai penggagas penanaman pohon ini mengungkapkan bahwa gerakan menanam pohon untuk membuat Kota Malang makin sejuk dan asri. Dari register yang ada, pohon pule yang ditanam di Kelurahan Tulusrejo adalah yang ke-2.583. Hal ini berarti sejak digulirkan gerakan ini sudah 2.853 pohon yang ditanam di berbagai lokasi Kota Malang.

“Kami menggulirkan penanaman pohon pule sejak 21 Oktober 2019, dimulai dari Ponpes Alhayatul Islam. Ini merupakan upaya kami untuk mengajak masyarakat gemar menanam dan mencintai lingkungan,” jelas Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko di Kelurahan Tulusrejo, Jumat (26/02/2021).

Menurutnya, penanaman pohon ini akan terus dilakukan sebagai penghijauan dan memberikan edukasi kepada masyarakat seupaya gemar menanam. Karena menjaga kelestarian lingkungan yang berkualitas akan memperbaiki oksigen yang dibutuhkan oleh manusia.

“Untuk bisa menanam tidak harus langsung melakukan dengan menanam dalam jumlah besar. Cukup satu dua pohon, jika terus dikakukan secara berkesinambungan tentu akan bisa banyak pada akhirnya,” sambungnya.

Melalui cara ini, Bung Edi memberi contoh secara langsung kepada masyarakat dengan harapan agar bisa ditiru. Karena tanpa ada contoh langsung dari pemimpin akan susah mengajak masyarakat untuk berperan aktif. “Berharap dengan kehadiran kami di Tulusrejo semakin mengobarkan semangat warga untuk semakin giat menanam,” ujarnya.

Selain itu, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, Bung Edi juga tetap mengajak warga untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Supaya angka penyebaran Covid-19 bisa ditekan dengan maksimal di Kota Malang. (cah/ram)

You may also like

Skip to content