Hangatkan Badan dengan Semangkok Ronde Titoni

oleh Apr 8, 2021Artikel

Ronde Titoni yang ada di Jalan Zainul Arifin Nomor 17 Kota Malang

Malang, (malangkota.go.id) – Menikmati suasana malam yang dingin di Kota Malang, rasanya tak lengkap tanpa ditemani kudapan yang menggoyang lidah. Di Kota Malang ada wedang ronde yang siap menghangatkan perut di malam hari.

Namanya Ronde Titoni yang ada di Jalan Zainul Arifin Nomor 17 Kota Malang. Ternyata Ronde Titroni sudah ada sejak tahun 1948. “Dulu kakek saya, Abdul Hadi memikul dagangannya keliling di sekitar Pasar Besar, Kidul Dalem. Kalau sudah sekitar pukul 20.00 WIB atau 21.00 WIB jualan di depan Toko Arloji Titoni, makanya dikenal dengan nama Ronde Titoni,” terang Rizky, cucu Abdul Hadi.

Ronde Titoni yang ada di Jalan Zainul Arifin Nomor 17 Kota Malang

Tahun 1988, Ronde Titoni mulai menetap di sebuah kedai di Jalan Zainul Arifin No. 17. Kini Ronde Titoni yang berada di Kawasan Kidul Dalem ini dikelola oleh Sugeng, anak Abdul Hadi. Ronde Titoni juga mempunyai beberapa cabang, di antaranya di Jalan Kawi dan dekat PMI Kota Malang. Semuanya dikelola oleh anak dan cucu sang pendiri.

Di kedai ini, ada dua jenis ronde yang ditawarkan, yakni ronde basah dan ronde kering. Bedanya, ronde basah disajikan bercampur dengan kuah jahenya. Sementara untuk ronde kering, bulatan tepung berasnya yang dilumuri bubuk kacang, dengan kuah jahe disajikan terpisah.

Tidak hanya ronde saja yang menjadi andalan, angsle di kedai ini juga jadi favorit banyak orang. Selain itu juga bisa menikmati kacang kuah, roti goreng dan juga cakwe. Untuk semangkok ronde, angsle, atau kacang kuah dibanderol dengan harga Rp10 ribu hingga Rp12 ribu sedangkan untuk roti goreng atau cakwe harganya Rp4 ribu.

Selama pandemi ini, Sugeng melayani pelanggannya Senin – Sabtu mulai pukul 17.00 – 22.00 WIB dengan dibantu tiga orang karyawan. Rata-rata dalam sehari, penghasilan kotornya sekitar Rp1,5 juta. Kedai dengan gaya lawas ini tak pernah sepi pembeli, baik orang Malang maupun luar kota. Bahkan, artis ibu kota seperti Duta So7, Komedian Pepy, dan Polo Srimulat pernah juga berkunjung ke kedai Ronde Titoni. (ari/ram)