Artikel

Jason & Rani Wakili Unmer Malang Design Workshop Internasional

Malang, (malangkota.go.id) – Mahasiswa Universitas Merdeka (Unmer) Malang mengikuti ajang TMAC Design Workshop 2021 (virtual program) yang diselenggarakan oleh hasil kolaborasi Tokushima University Jepang dan Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UteM). Selain mahasiswa dari Jepang dan Malaysia, mahasiswa dari Indonesia berasal beberapa PTN seperti Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Malang serta beberapa PTS di Indonesia.

Jason Samuel dan Bernadetha Rani BR Tarigan adalah mahasiswa Unmer Malang yang mengikuti ajang internasional TMAC design workshop 2021

Dua mahasiswa Unmer Malang dari program studi Teknik Industri yang mengikuti gelaran yang dihelat mulai 24 Februari hingga 4 Maret 2021 tersebut yakni Jason Samuel dan Bernadetha Rani BR Tarigan yang juga mahasiswa D3 Bahasa Inggris (Double Degree). “Mereka mengikuti serangkaian agenda dan pemberian materi, mulai dari presentasi profil masing-masing kampus, laboratorium, virtual village tour, brainstorming product innovation & development, project conceptual design, AutoCAD Drawing hingga outcome of product design presentation,” ujar oleh tenaga pengajar Unmer Malang, Dr. Eng. Dani Yuniawan, ST., M.MT., IPM, Kamis (11/03/2021).

Kegiatan Workshop ini, kata dia, adalah program kerja sama dalam bidang akademik dan hubungan internasional. Hal ini salah satu implementasi dari MoU antara Unmer Malang melalui Fakultas Teknik dengan UTeM Malaysia setelah pelaksanaan Seminar Internasional SISTEK 2020 Fakultas Teknik.

“Dengan mengikuti kegiatan level internasional seperti ini, maka para mahasiswa memperoleh pengalaman pembelajaran akademik di luar kampus dan peningkatan keterampilan yang lebih baik. Selain dalam hal product design, serta product innovation & development (hard skill) juga problem solving dan interpersonal communication dengan mahasiswa internasional (soft skill,” imbuhnya.

Terkait ajang tersebut, menurut Rani sangat bermanfaat dan mungkin tidak semua mahasiswa Unmer memiliki kesempatan seperti ini, maka dari itu ia merasa bangga karena bisa mengikutinya. “Selain untuk mengetahui dan menambah berbagai pengetahuan, kami juga dapat belajar banyak serta bertukar pengamalan dengan sejumlah mahasiswa dari luar negeri,” ungkapnya.

Pernyataan senada juga disampaikan Jason, yang juga mengaku senang karena dapat menambah relasi atau rekan sesama mahasiswa dari beberapa negara. “Tentu ini sangat positif dan bermanfaan bagi saya maupun Unmer Malang ke depannya. Setelah gelaran ini kami tentu akan terus belajar dan belajar guna terus meningkatkan pembelajaran serta berinovasi,” tukasnya. (say/ram)

You may also like

Skip to content