Berita Ekonomi Kerakyatan

Diskopindag Tingkatkan Daya Saing Pelaku UMKM

Malang, (malangkota.go.id) – Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang terus melakukan berbagai upaya guna memfasilitasi dan memulihkan ekonomi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya selama di masa pandemi Covid-19. Seperti dengan menggelar pameran bertajuk ‘Malang City Expo 2021’ yang dilaksanakan di sebuah pasar modern sejak tanggal 8-11 April 2021.

Sekretaris Diskopindag Kota Malang, Slamet Husnan Hariyadi, S.IP memotong pita sebagai tanda dimulainya pameran bertajuk ‘Malang City Expo 2021

Berbagai pihak pun digandeng, seperti kalangan perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perguruan tinggi, dan lain-lain. Para pelaku UMKM yang produktif dan menjadi binaan perbankan, yaitu tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mendapat bantuan modal usaha. Kepedulian perbankan plat merah ini juga sebagai wujud bahwa pemerintah hadir untuk membantu pelaku ekonomi mikro dan menengah.

Sekretaris Diskopindag Kota Malang, Slamet Husnan Hariyadi, S.IP usai membuka acara tersebut pada Kamis sore (08/04/2021) mengatakan jika pihaknya mengapresiasi adanya bantuan modal kepada pelaku UMKM tersebut. Dan dari puluhan peserta pameran juga dilibatkan pelaku UMKM dari luar Malang raya, seperti dari Yogyakarta, Solo, Surakarta, dan Situbondo.

Pelaku UMKM yang produktif menerima bantuan modal dari Bank Himbara

“Dengan demikian, ajang ini tidak sekadar untuk memulihkan ekonomi bagi pelaku UMKM, tapi juga meningkatkan daya saing. Dengan bertemunya mereka di pameran ini maka mereka bisa saling bertukar ilmu dan pengetahuan, hingga berkolaborasi dalam memproduksi hingga memasarkan produknya,” imbuh Slamet.

Selama ini, kata dia, pihak Diskopindag telah memberi berbagai dukungan, yang meliputi pelatihan, pendampingan, konsultasi, dan bagaimana meningkatkan mutu serta kualitas produk para pelaku UMKM. “Gelaran ini, sebagai wadah dan ajang ekspresi bagi mereka setelah mendapat semua itu. Sehingga nantinya produk-produk dari pelaku UMKM ini mampu bersaing di pasar global,” sambung Slamet.

Event pameran seperti ini, sangat dirasakan manfaat positifnya oleh para peserta. Seperti yang disampaikan oleh Aulya Rismawati, yang bergerak di bidang usaha batik. “Saya bersyukur dengan adanya event seperti ini karena sangat membantu kami sebagai pelaku UMKM yang terdampak adanya pandemi Covid-19. Kita terbantukan dalam hal meningkatkan promosi produk maupun dari sisi penjualan,” ungkapnya.

Selama pandemi, disampaikan perempuan berhijab itu, memang selama tiga bulan awal dia memang belum ada pemasukan dan saya tetap optimis, suatu saat nanti keadaan pasti berubah. “Tapi alhamdullillah, makin ke sini makin membaik, terutama dengan dimulainya banyak acara pameran yang diselenggarakan, khususnya oleh Diskopindag Kota Malang. Kami sangat terbantukan dan event seperti ini harus diadakan secara rutin,” pinta Aulya. (say/ram)

You may also like

Skip to content