Berita

Ciptakan Kerukunan dan Toleransi, PCNU Gelar Lokakarya Lintas Organisasi

Klojen, (malangkota.go.id) – Turut memberi sumbangsih menciptakan kerukunan di Kota Malang, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang menggelar Lokakarya Komunitas Peduli Lintas Organisasi dalam Kampanye Malang Kota Rukun dan Toleran di Hotel Aria Gajayana, Selasa (27/4/2021).

Lokakarya Komunitas Peduli Lintas Organisasi dalam Kampanye Malang Kota Rukun dan Toleran di Hotel Aria Gajayana

Ketua Lakpesdam PCNU Kota Malang, Faishol Fatawi mengungkapkan kehidupan di Kota Malang sangat luar biasa dengan keanekaragaman masyarakatnya. Berbagai suku, golongan, ras ada di Kota ini sehingga bisa menjadi miniatur Indonesia.

“Jika tidak dikelola dengan baik berbagai keanekaragaman ini bisa menjadi sebuah ancaman. Untuk itu kegiatan ini diharapkan bisa semakin meningkatkan kerukunan dan toleran di Kota Malang,” jelas Faishol.

Pengalaman beberapa waktu lalu terkait adanya bom menjadi pembelajaran tersendiri untuk memupuk semangat kebersamaan dan kerukunan. Pasalnya jika kondisi itu terjadi terus-menerus, maka akan sangat mengganggu kehidupan di masa depan.

“Tidak hanya kehidupan berbangsa yang terganggu kehidupan beragama juga akan terganggu. Minimal tidak bisa melakukan ibadah sesuai keyakinan dengan aman,” tegas Faishol.

Keadaan seperti itu tentu tidak diinginkan, karena itu melalui kegiatan edukasi yang dilakukan saat ini diharapkan bisa dibangun semangat berkehidupan yang rukun dan toleran. Dengan memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki termasuk dalam keragaman baik itu suku, ras maupun agama.

“Dengan mengidentifikasi berbagai ancaman di sekeliling kita diharapkan kita bisa mencarikan jalan keluar. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak sampai terjadi di Kota Malang,” terang Faishol.

“Bahwa yang namanya keberagaman adalah sesuatu yang niscaya harus kita pelihara dan jaga bersama,” pungkas Faishol. (cah/ram)

You may also like

Skip to content