Berita

Karang Werda Kota Malang Aktif Layani Lansia

Malang (malangkota.go.id)  – Forum Komunikasi Karang Werda Kota Malang semakin menujukkan taringnya. Karena pada tahun ini meraih juara dua dalam Lomba Karang Werda Provinsi Jawa Timur dan juara pertama oleh Karang Werda Kecamatan Sukun di tingkat Kota Malang.

Fasilitasi Kelembagaan dan Kegiatan Karang Werda yang dilaksanakan di Kelurahan Purwantoro

“Karang werda juga masuk dalam visi dan misi Wali Kota Malang, sehingga diadakan Musrenbang Tematik Lanjut Usia (Lansia) dengan tujuan Kota Malang sebagai kota ramah lansia. Komponennya seperti APBD dan kebijakan Wali Kota Malang seluruhnya harus mendorong kesejahteraan lansia,” ujar Ketua Forum Komunikasi Karang Werda Kota Malang, Sulastri pada Rabu (26/5/2021).

Tagline karang werda adalah ‘Lansia Sehat, Kuat dan Mandiri’. Tujuannya menjadikan lansia tangguh, bisa mandiri, sehingga lansia potensial dengan inovasi-inovasi dapat bermanfaat bagi bangsa. Ekonomi jadi hal yang potensial untuk lansia, tujuannya menggerakkan ekonomi lansia, membantu pemerintah dalam hal pendataan, membantu dalam hal kesehatan posyandu lansia.

“Saat ini, kami sudah menyasar kepengurusan karang werda di kelurahan dengan adanya anggaran Rp50 juta per kelurahan. Tujuannya untuk penguatan struktur organisasi dengan memperbaiki rumahnya dahulu. Kemudian pendataan dan profil untuk kebijakan mengambil anggota berikutnya,” sambungnya.

Karang werda merupakan wadah lansia/induk Pemerintah Kota Malang terhadap lansia. Tugasnya menjalankan program-program pemerintah daerah. Ada 57 karang werda di Kota Malang, di mana seluruhnya aktif dan telah dikembangkan setiap RW untuk kegiatan-kegiatannya.

“Program-program karang werda tergantung kelurahan masing-masing, mulai dari posyandu lansia, pertemuan rutin (kelurahan), senam, dan pelatihan-pelatihan,” kata Sulastri. (kominfo/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content