Berita

Esensi Pengumandangan Lagu Indonesia Raya Setiap Pukul 10

Malang, (malangkota.go.id) – Kemajuan teknologi informasi khususnya media sosial dan semakin gencarnya budaya asing masuk ke Indonesia akan mengikis nasionalisme kebangsaan di tengah masyarakat. Mengacu kepada fenomena tersebut, DPRD Kota Malang menginisiasi sejumlah program dalam upaya menguatkan dan terus menumbuhkan jiwa nasionalisme yang kini mulai memudar.

Peserta rapat paripurda di gedung DPRD Kota Malang menyanyikan lagu Indonesia Raya ketika jarum jam menunjukkan pukul 10.00 WIB

Sejak beberapa waktu lalu, para wakil rakyat ini mengajak semua elemen masyarakat agar setiap pukul 10.00 WIB menyanyikan atau mendengarkan lagu Indonesia Raya. Ketika jarum jam sudah menunjukkan pukul 10.00 WIB, maka semua aktivitas harus dihentikan. Seperti di perkantoran maupun di tempat lain yang kemudian berdiri tegak dan mengambil sikap sempurna sekitar 10 menit. Bagi yang sedang sakit bisa dengan duduk, namun tetap mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika pada Senin (21/6/2021) mengatakan bahwa, pihaknya ingin membangun kesadaran bersama untuk selalu menguatkan jiwa nasionalisme. Dengan mengingatkan masyarakat dari hal-hal kecil, kata dia, maka nantinya akan terlahir generasi masa depan yang berkarakter.

“Meski mungkin hal ini terlihat sederhana, namun nantinya akan memperoleh manfaat yang besar. Seperti memiliki rasa bangga sebagai warna negara Indonesia dan rela berkorban demi tanah air di mana kita dilahirkan,” imbuh Made.

Meski dalam pelaksanaan program ini tidak diatur oleh sebuah aturan khusus dan juga tidak ada sanksi, kata dia, namun pelaksanaannya akan dipantau terutama di lingkungan ekskutif serta legislatif. Akan tetapi bagi instansi yang terbukti tidak menjalankan, terang Made, akan dikenakan sanksi berupa teguran.

“Dalam beberapa bulan ke depan jika program ini sudah berjalan dengan baik, pihak DPRD akan menambahnya, yaitu dengan pengumandangan Pancasila,” pungkasnya. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content