Berita

Pemkot Malang Tingkatkan Budaya Makan Ikan

Klojen (malangkota) – Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan budaya makan ikan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang menggelar Sosialiasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di aula Mini Block Office Balai Kota Malang, Rabu (23/6/2021).

Sosialiasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di aula Mini Block Office Balai Kota Malang

Ketua TP PKK Kota Malang selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Malang Widayati Sutiaji, S. Sos., MM mengatakan bahwa, sosialisasi Gemarikan ini sebagai wahana pengenalan konsumsi makan ikan sejak usia dini. Selain itu, juga menjadi gerakan masyarakat untuk menjadikan ikan sebagai menu keluarga yang aman dan sehat. Karena ikan memiliki gizi yang baik untuk dikonsumsi, sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat, dan cerdas.

“Langkah tersebut membutuhkan strategi baru yang melibatkan seluruh komponen bangsa, agar mampu membangunkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan keluarga,” jelasnya.

Sebagai sumber pangan, dikatakannya, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik, seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin.

“Sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk memberikan hak bagi anak. Salah satunya adalah dengan memberikan asupan gizi seimbang dan cukup agar mereka tumbuh dan berkembang menjadi generasi emas yang sehat dan cerdas untuk membangun bangsa,” tuturnya.

Widayati menyontohkan orang Jepang yang memiliki tingkat kecerdasan yang berada di atas rata-rata orang di negara Asia lainnya dengan tingkat kesehatan yang baik, serta gairah hidup yang tinggi. Semuanya itu adalah karena tingkat konsumsi ikan di masyarakatnya sangat dominan.

Sementara itu, Plt Kepala Dispangtan Kota Malang Sri Winarni, SH., MM menyampaikan bahwa, pemenuhan gizi terutama protein sangatlah penting bagi anak dan balita untuk mendukung masa pertumbuhannya.

“Salah satu produk pangan tinggi protein adalah ikan dan hasil perikanan lainnya. Selain gizi yang tinggi, terdapat pula kandungan asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoat (EPA) dalam ikan yang dapat menambah kecerdasan otak. Sehingga dengan mengonsumsi ikan akan terbentuk generasi yang memiliki kecerdasan dan kesehatan yang yang lebih baik,” terang Sri Winarni.

Dengan mengonsumsi ikan, dikatakannya, imun tubuh dapat terjaga karena ikan merupakan produk pangan yang kaya akan nutrisi. “Di mana pada masa pandemi ini imun tubuh sangat penting sebagai benteng pertahanan dari virus yang tengah mewabah,” tegasnya.

Sosialisasi Gemarikan ini menghadirkan narasumber Maryam Razak, S. TP., M. Si dari Poltekkes Malang dan peserta kegiatan yakni Kepala Sekolah Pos PAUD se-Kota Malang. (yon/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content