Berita

SMKN 1 Malang Bekali Siswanya Bertani Modern

Sukun (malangkota.go.id) – Menyiapkan para petani milenial agar lebih siap memasuki dunia kerja, SMKN 1 Malang terus meningkatkan fasilitas tempat pendidikan. Kali ini, sekolah tersebut menyiapkan green house modern untuk membantu siswa dalam mengembangkan urban farming atau pertanian perkotaan.

Siswa SMKN 1 Malang saat belajar di green house milik sekolah

Seperti terlihat pada Rabu (23/6/2021) di kebun sekolah para siswa belajar di green house yang dilengkapi fasilitas otomatis. Di tempat ini siswa belajar budidaya tanaman, pengendalian hama, hingga memproduksi bibit tanaman.

Kepala Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (APTH) SMKN 1 Malang, Arif Rahman mengungkapkan, model pertanian yang dikembangkan SMKN 1 Malang adalah pertanian perkotaan atau urban farming. Di mana dalam bertani siswa dibekali keahlian dan keterampilan pertanian modern.

“Green house ini untuk siswa kami yang menjalani praktik kerja lapangan (PKL). Sebelum menjalani PKL di perusahaan, siswa kami bekali dulu dengan menjalani praktik di sekolah,” jelas Arif Rahman.

Arif menyebutkan, PKL ini untuk siswa kelas XI dengan harapan jika PKL di perusahaan di luar sekolah maka sudah memiliki bekal yang dibawa dari sekolah. Selain itu, para siswa juga sudah mahir jika memang di kemudian hari mengembangkan pertanian modern ini.

Green house milik SMKN 1 Malang ini digunakan untuk melakukan budidaya berbagai jenis tanaman. Baik itu bunga, sayur-mayur, dan juga tanaman buah. Green house dilengkapi dengan fasilitas yang modern termasuk menggunakan sistem penyiraman otomatis, sensor suhu, pengatur kelembaban, derajat keasaman atau pH, dan juga nutrisi agar hasil budidaya bisa lebih optimal.

Jika sudah terbiasa menggunakan alat pertanian modern dan juga manual, kata Arif, para siswa seteah lulus nanti sudah siap memasuki dunia kerja. Bekal ini seiring dengan tuntutan zaman, di mana pertanian saat ini juga dituntut yang efektif dan efisien. Namun menghasilkan produk berkualitas dengan didukung teknologi.

Guru SMKN 1 Malang, Ari Setyo menambahkan, selain untuk melatih siswa melakukan budidaya tanaman, kegiatan di green house juga dipadukan dengan kegiatan di dunia kerja. Di mana untuk budidaya tanaman dan pembenihan di SMKN 1 Malang sudah melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan. “Untuk budidaya tanaman anggrek, SMKN 1 Malang bekerja sama dengan DD Orchid Nursery dan buah melon dengan Benih Citra Asia,” tutur Ari. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content