Info Umum

Diskominfo Kota Malang Latih Admin Medsos Perangkat Daerah Foto Jurnalistik

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang memberikan soft skill tentang pelatihan fotografi kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan perangkat daerah dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kota Malang di secara virtual di ruang rapat Diskominfo, Jumat (2/7/2021).

Fotografer Aman Rochman saat menyampaikan materi

Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Diskominfo Kota Malang, Ismintarti, SP mengatakan bahwa, pelatihan ini merupakan kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya aparatur tahun 2021. Selain dilakukan secara offline karena tempat terbatas, kegiatan ini juga dilakukan secara virtual yang diikuti semua admin perangkat daerah dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kota Malang.

“Kegiatan ini adalah upaya untuk mendukung program smart city yang kini terus dikembangkan Kota Malang,” ujar Atik, panggilan akrab Ismintarti.

Seiring perkembangan waktu saat ini, Kota Malang juga mengaktifkan penyampaian informasi melalui media sosial maupun website. Hal ini tentunya membutuhkan keandalan tenaga admin untuk mengunggah foto-foto yang berkualitas dan menarik.

“Tujuannya, agar pesan yang disampaikan kepada publik bisa ditangkap dengan baik. Oleh karena itu, kualitas foto yang posting pemerintah harus benar-benar menarik,” sambungnya.

Sementara itu, narasumber dari Agence France Presse (AFP) Aman Rochman mengatakan, masyarakat ataupun pemirsa tentu tidak mau tahu bagaimana kondisi saat memotret. Yang jelas foto yang dipublikasikan melalui website atau media sosial harus sempurna. Karena itu saat pengambilan foto harus dilakukan dengan baik dan benar.

“Dengan melihat foto saja harusnya masyarakat sudah tahu pesan yang ingin disampaikan. Oleh karena itu, saat mengambil foto jangan tergesa-gesa,” jelas Aman.

Dari pengalaman panjang menggeluti dunia fotografi, Aman secara gamblang menjelaskan bagaimana berproses sehingga menghasilkan foto-foto yang berkualiatas. Sehingga karya-karya yang dibuat bisa menembus media besar seperti kantor berita Agence France Presse (AFP), EPA, Xinhua, The Sun, dan lain-lain.

Aman juga memaparkan kepada peserta tentang cara menghasilkan foto yang bagus dan sesuai standar jurnalistik, serta menghasilkan angle (sudut pandang) yang humanis. Sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa tertangkap dengan baik oleh publik.

Aman juga berbagi tips mengambil foto yang baik, di antaranya dengan mengurangi foto selfie dan memperbanyak fotogenik. Jika sudah terbiasa mengambil gambar dengan angle yang bagus, maka produk yang dibuat Pemkot Malang ke depan bisa semakin bagus. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content