Berita Pelayanan Publik

Satu Data Jadi Pilar Transformasi Pembangunan untuk Kota Malang Berkelas

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang pada Senin malam (29/04/2024) menggelar acara bertajuk ‘Satu Data (SATA) Award Tahun 2024 di Gedung Islamic Center.

Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, S.Sos saat menyampaikan laporan kegiatan SATA Award 2024

Kepala Diskominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, S.Sos menyampaikan tema yang diusung pada tahun kedua penyelenggaraan SATA Award ini adalah Satu Data sebagai Pilar Transformasi Pembangunan untuk Kota Malang Berkelas. Makna yang terkandung didalamnya, sejalan dengan slogan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-110 Kota Malang yakni Berselaras untuk Kota Malang yang Berkelas.

Dalam laporannya pria yang kerap disapa Wiwid tersebut mengungkapkan SATA Award 2024 diikuti oleh 28 Perangkat Daerah, 57 Kelurahan dan 17 Fasilitas Layanan Kesehatan di lingkungan Pemkot Malang. Sebelumnya semua peserta yang telah melalui beberapa tahapan penilaian hingga terpilih pemenang di masing-masing kategori pada malam ini. Seluruh peserta telah melalui seleksi dan penilaian yang cukup ketat, untuk memilih yang terbaik.

“Penilaian terbagi dalam tiga tahapan pelaksanaan. Tahap pertama dengan bobot 35% dilaksanakan pada tanggal 1-10 Maret 2024 yaitu penilaian mandiri oleh masing-masing produsen data. Tahap kedua dengan bobot 20% yaitu terkait keterisian serta publikasi data pada portal Malang Satu Data serta pengajuan rekomendasi statistik dan metadata statistik pada tanggal 14-21 Maret 2024. Tahap ketiga bobot 45% yaitu presentasi oleh kepala perangkat daerah/ kepala unit kerja pada tanggal 18 April 2024,” imbuhnya.

Lebih lanjut dituturkannya juri berasal dari tim ahli (akademisi dan praktisi) yang kompeten dibidangnya. Tim juri terdiri dari Dr. Mohammad Nuh, S.IP. M.Si (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya), Dr. Dra. Ani Budi Astuti, M.Si (Departemen Statistika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya), dan Erik Karya Nugraha (PT. Enygma Solusi Negeri) serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST, MT. sebagai juri tamu.

Dari perhelatan ini, Wiwid memaparkan terkait keterisian portal Malang Satu Data, Data Daerah Dalam Angka (DDA-BPS) dari total 4.553 data telah terisi 80,3% dan Data Statistik Sektoral Daerah dati total 2.627 data telah terisi 78,7%. Ia berharap melalui penganugerahan ini mampu mendorong penyedia data untuk terus memenuhi pengisian data sehingga komitmen Satu Data terwujud.

Dalam kesempatan tersebut, Wiwid mengucapkan terima kasih kepada semua peserta dan memberi ucapan selamat bagi para pemenang. “Bagi yang belum mendapat juara jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan tahun depan. Terima kasih atas kinerja, kreativitas, dan inovasi produsen data di lingkungan Pemerintah Kota Malang dalam pengelolaan dan pemanfaatan data serta kontribusi terhadap terselenggaranya Satu Data Kota Malang,” pungkasnya. (say/yul)

Berikut penerima penghargaan SATA Award Kota Malang Tahun 2024:

Kategori Kelurahan:
Juara 1 Kelurahan Gadang
Juara 2 Kelurahan Klojen
Juara 3 Kelurahan Penanggungan

Kategori Fasilitas Pelayanan Kesehatan:
Juara 1 Puskesmas Bareng
Juara 2 Puskesmas Janti
Juara 3 Puskesmas Arjuno
Juara Harapan 1 Puskesmas Pandanwangi
Juara Harapan 2 Puskesmas Gribig

Kategori Perangkat Daerah:
Juara 1 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang
Juara 2 Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang
Juara 3 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang
Juara Harapan 1 Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang
Juara Harapan 2 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content