Berita

Ikuti AKRS, Wali Kota Sutiaji Ajak Kenang Jasa Pahlawan

Malang (malangkota.go.id) – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) plus Kota Malang melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) menjelang puncak peringatan Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati di Jalan Veteran, Senin (16/8/2021) malam.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji bersama jajaran Forkopimda plus saat ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati di Jalan Veteran, Senin (16/8/2021) malam

Acara berlangsung selama 25 menit tepat pada pukul 00.00 WIB, digelar dalam rangka mengenang jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Bertindak sebagai inspektur upacara Danrem 083/Bhaladika Jaya Kol Inf Irwan Subekti dan komandan upacara Wakil Komandan Dodik Bela Negara Mayor Inf Limbong, dan diikuti sekitar 70 orang peserta upacara lainnya.

Dalam kesempatan tersebut inspektur upacara juga menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas jasa keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara, sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan Bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang mulia,” ujar Kol Inf Irwan Subekti.

Adapun pahlawan yang dimakamkan di tempat ini terdiri dari 2.168 TNI/Polri, 9 orang sipil, 172 orang pejuang rakyat dan 255 orang pahlawan tak dikenal.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengatakan bahwa tradisi seperti ini akan terus menguatkan nasionalisme dan patriotisme. Karena dapat mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi merebut kemerdekaan. Menurutnya, tanpa perjuangan dan tumpah darah para pahlawan, maka hari ini tidak akan menghirup udara segar.

Di era kemerdekaan ini, orang nomor satu di Pemkot Malang itu mengajak berbagai elemen masyarakat khususnya kaum muda agar dapat mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik mungkin serta dengan hal-hal positif. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya, jadi mari manfaatkan momen ini dengan memberi kontribusi positif,” ajak Wali Kota Sutiaji.

Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko, Danlanud Abdulrachman Saleh diwakili oleh Kadislog Lanud Abd. Saleh, Kol Tek Sidik Dhani Broto Nugroho, S.T., M.M., M.A.P., Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, S.E., M.Tr (Han)., Kapolresta Malang Kota diwakili oleh Kasat Sabhara Polresta Malang Kota Kompol Syabain Rahmad Kusrianto, SH.

Selain itu, turut hadir Danlanal Malang diwakili oleh Palaksa Lanal Malang, Letkol Laut (P) Roni Sutadi, A.Md., Pangdiv 2/Kostrad diwakili oleh Waaster Kasdivif 2/Kostrad, Letkol Inf M. Zulnalhendra Utama, Kepala Pengadilan Negeri Malang Judi Prasetya, SH, MH., Kepala Kejaksaan Negri Kota Malang Zuhandi, SH., MH dan Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika.

Sedangkan susunan pasukan terdiri dari 13 orang personil dari Korsik Pemkot Malang, 20 orang personil dari TNI AD Kodim 0833 Kota Malang, 8 orang personil dari TNI AL Lanal Malang, dan 6 orang personil dari TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh, dan 11 orang personil gabung dari Polresta Malang Kota. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like

Skip to content