Berita

Wali Kota Sutiaji Apresiasi Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan

Malang, MC – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengapresiasi kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan yang digelar oleh Nusadaily Group, Minggu, (24/10/2021). Dalam sambutannya, Sutiaji menyampaikan melalui kegiatan ini akan menambah profesionalitas dan menjaga keakurasian informasi yang disampaikan kepada masyarakat.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat memberikan sambutan kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan

Wali Kota Sutiaji menambahkan, bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, masyarakat berhak menerima informasi. “Maka sekarang yang namanya pemerintah wajib memberikan informasi kepada masyarakat baik seperti produk hukum, proses kebijakan politik, transparasi anggaran dan sebagainya,” jelas Sutiaji.

Sehingga kegiatan pelatihan jurnalistik dan kehumasan ini, lanjutnya, sangat diperlukan apalagi saat ini telah memasuki era digital berbasis online yang dituntut adanya percepatan dan kecanggihan. Meskipun demikian, informasi atau berita yang disajikan haruslah memenuhi kode etik jurnalistik, misalnya tentang klarifikasi pada sumber berita sebelum diterbitkan.

“Di Kota Malang khususnya saya mengajak agar pemikiran naik bukan era 4.0 namun 5.0. Melalui kegiatan atau pembelajaran ini harapannya nanti masyarakat kita akan terdidik dan dapat membaca secara literatif. Sehingga mampu memberikan edukasi dan penilaian terhadap pemerintahan. Karena masyarakat kita saat ini sudah melek,” papar Sutiaji.

Menurutnya, dari satu sumber berita dapat mengarah ke banyak hal, tergantung dari sisi dan dimensi mana berita harus ambil. Berita akan digiring kemana pun namun tergantung yang menulis. Melalui pelatihan ini, bagaimana penyajian pemberitaan-pemberitaan yang bagus dan bagaimana hal tersebut dibutuhkan seorang penulis profesional.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih. Insha Allah materi-materi yang disampaikan menjadi kekuatan kita semua. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menambah satu profesionalitas dalam pemberitaan baik Diskominfo, Bagian Humas maupun media. Kedua, mitigasi kita terhadap berita-berita hoaks, ketiga menjaga keakurasian informasi yang diberikan kepada masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh perwakilan Bagian Humas, Diskominfo, dan jurnalis dari beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur. Sementara para pemateri, yakni Agus Sudibyo (Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Internasional Dewan Pers), Sapto Anggoro (exFounder Tirto.id dan Anggota Pendiri PANDI), dan Yusron Aminullah (Pemimpin Redaksi Nusadaily.com). (yul/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content