Berita

Bakesbangpol Satukan Pemuda dengan Seminar Kebangsaan

Malang, (malangkota.go.id) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang menggelar seminar kebangsaan di gedung KNPI Kota Malang, Kamis (4/11/2021) dengan mengundang berbagai perwakilan organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan.

Kepala Bakesbangpol, Rinawati foto bersama para pemuda usai acara seminar kebangsaan

Gelaran ini, disampaikan Kepala Bakesbangpol Dra. Rinawati, MM dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan yang mengusung semangat Sumpah Pemuda ini diharapkan dapat mempersatukan dan lebih menguatkan sinergi kaum muda.

Disampaikan perempuan berkacamata itu, pemuda menjadi ujung tombak dan garda terdepan dalam berbagai aspek kehidupan. Sehingga jika pemuda tidak bersatu dan tidak mempunyai visi yang menguatkan satu sama lain, maka dalam beberapa tahun ke depan atau dalam jangka waktu tertentu akan terjadi banyak konflik. “Kami juga mengundang dari forum pembauran kebangsaan, forum kerukunan antarumat beragama dan lain-lain sehingga membuat acara ini semakin gayeng,” imbuhnya.

Lebih lanjut Rina mengatakan, Kota Malang adalah kota pelajar dan banyak perguruan tinggi maupun lembaga pendidikan lain. Dari kondisi ini, menurutnya rawan memicu konflik dan gesekan jika tidak diantisipasi. Pasalnya, dari banyaknya pelajar dan mahasiswa di kota ini yang berasal dari berbagai daerah, suku dan agama. Dari semua itu, apabila tidak ada pengawasan dan pendampingan, terutama dari pemerintah setempat, maka hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Dengan adanya komunikasi dan perhatian seperti acara ini misalnya, jelas Rina, maka setidaknya akan terbangun komunikasi dan jalinan silaturahmi yang semakin baik. Namun pihaknya tidak memungkiri jika selama ini terkadang masih riak-riak kecil atau gesekan antarsekelompok mahasiswa maupun kaum muda. “Tapi Alhamdulillah sejauh ini kami masih bisa mengatasinya dengan baik sehingga tidak sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

“Ke depan, berbagai upaya dalam rangka untuk terus menguatkan silaturahmi dan menjaga Kota Malang tetap kondusif, akan kami lakukan. Tak terkecuali dari peran pemuda yang harus terus ditingkatkan agar apa yang menjadi program pemerintah, khususnya Pemkot Malang dapat terealisasi dengan baik. Peran pemuda sangat penting dan pada dasarnya menjadi yang utama,” pungkas Rina. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content