Berita

Diskominfo Kota Malang Apresiasi Langkah Nyata KIM

Malang, (malangkota.go.id) – Bertempat di Hotel Savana Kota Malang, Selasa (9/11/2021) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang memberi apresiasi terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di sejumlah perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Tak hanya di lingkungan kedinasan, apresiasi pelayanan dan pengaduan berbasis daring atau digital ini juga diberikan bagi kalangan kelurahan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), puskesmas, rumah sakit dan kelompok informasi masyarakat.

Kepala Diskominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos menyerahkan penghargaan kepada KIM Terbaik dalam ajang penganugerahan langkah nyata mereka selama ini

Apresiasi ini berupa Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID), Apresiasi Pengaduan Publik (APIK), dan Apresiasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Apresiasi bagi kelompok masyarakat ini, disampaikan Muhammad Nur Widianto, S.Sos selaku Kepala Diskominfo Kota Malang bahwa KIM merupakan salah satu kepanjangan tangan dari Pemkot Malang. Selama dibina oleh jajaran Diskominfo Kota Malang, menurutnya, selama ini KIM telah berperan besar dalam menyosialisasikan berbagai program pembangunan.

Selain itu, ditambahkan pria yang akrab disapa Wiwid itu, KIM juga telah berperan dalam mendidik masyarakat terkait atau meningkatkan literasi masyarakat dalam memanfaatkan media sosial secara bijak. “Keterjangkauan Pemkot Malang selama mungkin perlu dioptimalkan lagi. Dengan kehadiran KIM ini, maka ke depan apa yang diprogramkan atau dicanangkan Pemkot Malang akan tersampaikan kepada semua lapisan masyarakat,” imbuhnya.

Lebih jauh Wiwid mengatakan, Pemkot Malang membutuhkan peran aktif kalangan masyarakat, agar program pembangunan dapat berjalan maksimal dan sesuai harapan bersama. Keberadaan KIM ini dianggap cukup potensial sebagai salah satu sarana komunikasi antara Pemkot Malang dengan masyarakat luas. “Sinergi pemerintah dengan masyarakat dalam hal ini akan terus dikuatkan dan tidak menutup kemungkinan dengan kelompok masyarakat lain,” urainya.

Bagi KIM yang belum masuk nominasi dan mendapat anugerah ini, dikatakan pria yang juga mantan Kepala Bagian Humas Pemkot Malang itu, bukannya tidak baik, karena pada dasarnya semua baik namun belum memperoleh kesempatan. Sehingga ke depan semua KIM yang ada akan didorong agar lebih aktif lagi, mempunyai inovasi yang berbeda dan akan mendapat pendampingan secara intensif dari jajaran Diskominfo Kota Malang.

Dalam ajang penganugerahan ini, KIM gerabah Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen menjadi yang terbaik pertama, yang diikuti oleh KIM Nukus Kelurahan/Kecamatan Sukun. Peringkat ketiga diraih oleh KIM Mbois Ilakes dari Kelurahan/Kecamatan Blimbing. Sedangkan Kategori Viewer Video Presentasi Terbanyak dari Youtube, Instagram, dan Facebook diraih KIM Nukus Kelurahan/Kecamatan Sukun, KIM Obama Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, dan KIM Bois Ilakes Kelurahan/Kecamatan Blimbing. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content