Malang, (malangkota.go.id) – Meski pandemi Covid-19 mulai melandai, namun berbagai elemen masyarakat hendaknya tetap waspada dan terus bergerak dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat, termasuk para kader posyandu. Menjaga kebersihan lingkungan, menjadi salah satu hal penting di dalamnya. Sehingga semua warga masyarakat hendaknya turut mendukung gerakan menjaga kebersihan lingkungan ini.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungna dan optimalisasi keberadaan posyandu

Hal ini yang ditekankan Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dalam acara Pendampingan Pembinaan Lokus Kota Sehat di Taman Posyandu Delima di Jalan Ki Ageng Gribig Gang 2 RT 6 RW 3, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Rabu (18/11/2021). Disampaikannya, kalau sebelum adanya pandemi, upaya menjaga kebersihan ini sangat sulit dan terkesan abai. Namun untuk saat ini menjadi satu kewajiban bagi setia warga masyarakat.

Menurut Wali Kota Sutiaji, selama ini berbagai hal yang dilakukan oleh kader posyandu dan elemen terkait lainnya sudah sangat baik. Sehingga capaian ini harus terus dijaga dan bahkan lebih ditingkatkan lagi. “Tak hanya posyandu anak, posyandu lainnya seperti lansia dan remaja harus terus dioptimalkan keberadaan dan fungsinya, agar program pencanangan kota sehat lebih baik lagi,” imbuhnya.

Berbagai kebutuhan di posyandu ini, ditegaskan orang nomor satu di Pemkot Malang itu, nantinya akan dipenuhi seoptimal mungkin dan dikoordinasikan dengan lurah dan camat setempat. “Dalam APBD Pemkot Malang, sebesar 5 persen dialokasikan untuk kelurahan, dan di dalamnya termasuk untuk alokasi posyandu,” urai Sutiaji.

Pria berkacamata itu pun memerintahkan lurah dan camat setempat agar mengoptimalkan keberadaan dan fungsi posyandu ini, serta memenuhi berbagai fasilitas yang dibutuhkan. “Posyandu menjadi salah satu motor penggerak di Kota Malang dalam menjaga kebersihan, menangani dan mengendalikan pandemi. Jika keberadaan posyandu ini berfungsi optimal, maka sektor lain juga akan membaik, seperti kesehatan masyarakat dan dalam mencegah adanya penularan penyakit,” jelas Sutiaji. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content