Berita Kesehatan

Kota Malang Siap Gelar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Malang (malangkota.go.id) – Dari sejumlah provinsi dalam waktu dekat di Jawa Timur juga akan memberikan vaksin Sinovac bagi anak usia 6-11 tahun. Pada 14 Desember 2021 Provinsi Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta telah melaksanakan vaksinasi yang diperuntukkan pelajar sekolah dasar (SD) ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Husnul Muarif

Sementara itu, di Kota Malang pihak Dinas Kesehatan untuk pelaksanaannya masih menunggu hasil koordinasi lebih lanjut dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) serta Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Hal itu yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Husnul Muarif, Rabu (15/12/2021). Dari data sementara yang nantinya akan diverifikasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang ada sekitar 75 ribu anak yang akan menerima suntikan vaksin Sinovac tersebut. Begitu juga untuk jumlah dosis vaksinnya masih menunggu tindak lanjut dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

“Jika proses verifikasi itu akan selesai secepatnya dan jika vaksin sudah diterima, maka penyuntikannya pun akan disegerakan,” ujar dr. Husnul.

Pada intinya, kota Malang sewaktu-waktu sudah siap menggelar vaksinasi anak ini dan tidak ada kendala apapun termasuk untuk tenaga vaksinator yang nantinya akan diterjunkan ke sekolah-sekolah. “Semua itu mengacu kepada pelaksanaan vaksinasi bagi siswa SMP, SMA dan SMK beberapa waktu lalu yang berjalan dengan lancar. Untuk vaksinasi anak ini, nantinya siswa akan didampingi orang tuanya dan bagi orang tua yang belum menerima vaksin pertama atau kedua maka juga akan divaksinasi,” imbuh dr. Husnul.

Sehingga, kata dia, dalam pelaksanaan vaksinasi anak ini sekaligus diperuntukkan bagi orang dewasa. Secara umum dari 865 ribu sasaran vaksinasi di Kota Malang hingga saat ini untuk vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 99,89 persen, dosis kedua 90 persen dan dosis ketiga 110 persen. Sedangkan vaksinasi bagi lansia mencapai 68 persen. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content