Berita

USAID Kembangkan Teknologi Pengeringan Lumpur di Kota Malang

Malang (malangkota.go.id) – Salah satu program dari United States Agency for International Development (USAID) Indonesia adalah, Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua (IUWASH Plus) menggelar Peluncuran Opsi Teknologi Pengeringan Lumpur di Daerah Menantang Kota Malang dan Kabupaten Gresik di Harris Hotel and Convention, Rabu (15/12/2021).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Malang Drs. Mulyono, M.Si

Kegiatan ini merupakan kerja sama USAID IUWASH Plus dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Chief of Party USAID IUWASH Plus Bill Parente menyampaikan, bahwa penyediaan akses air minum dan sanitasi telah diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dengan target 100 persen akses air minum layak, termasuk 15 persen akses air minum aman.

“Rencana lima tahunan tersebut juga menargetkan 90 persen akses sanitasi layak, termasuk 15 persen akses sanitasi aman. Target ini sejalan dengan tujuan sustainable development goals, khususnya tujuan keenam, yaitu semua penduduk diharapkan sudah memiliki akses air minum dan sanitasi yang aman di tahun 2030,” imbuh Bill Parent.

USAID IUWASH Plus, kata dia, inisiatif lima tahun delapan bulan dirancang untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan akses terhadap air minum dan sanitasi, serta meningkatkan perilaku higienis penduduk miskin dan rentan di perkotaan. USAID telah melakukan kegiatan bersama mitra di pusat dan daerah untuk mendukung percepatan peningkatan akses air minum dan sanitasi aman mulai dari pembuatan, kelembagaan, hingga pendampingan masyarakat untuk perubahan perilaku dan membangun kebutuhan akan akses air minum dan sanitasi aman.

“Untuk menjawab kebutuhan ini, salah satu sistem pengelolaan air limbah domestik yang dibangun adalah sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat (SPALD-T) skala pemukiman,” urai Bill.

Bill mengungkapkan, saat ini Kota Malang telah memiliki 88 unit SPALD-T skala pemukiman yang masing-masing melayani 50 hingga 75 rumah tangga. Unit SPALD-T ini rata-rata sudah dibangun di atas lima tahun yang tentunya memerlukan penyedotan. Namun, banyak SPALD-T yang tidak memiliki akses jalan masuknya truk penyedot. Tantangan inilah yang mendorong USAID IUWASH Plus bersama PT ITS Techno, Pemkot Malang, dan Pemkab Gresik untuk mengembangkan teknologi terapan dan uji coba dengan mengembangkan dua model, yaitu stasioner dan mobile.

“Untuk Kota Malang dikembangkan, satu unit mobile dewatering, dua unit stasioner dewatering, dan satu unit revitalisasi dewatering existing. Kedua model telah diuji coba oleh UPTD Kota Malang pada daerah yang sulit dijangkau armada truk penyedot tinja dan proses ini berjalan dengan baik,” terang Bill.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Malang Drs. Mulyono, M.Si menyampaikan, untuk mewujudkan sanitasi yang layak merupakan tantangan yang cukup berat bagi kota yang penduduknya berada di perkampungan yang sulit diakses, terutama yang berada di pinggiran sungai.

“Opsi yang saat ini disampaikan merupakan terobosan baru yang sangat bagus. Terima kasih sudah diujicobakan di Kota Malang dan juga Kabupaten Gresik, sehingga bisa mendorong PHBS masyarakat,” ujar Mulyono.

Melalui Mulyono, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena Kota Malang telah dijadikan uji coba sekaligus menjadi prototype untuk program ini. “Kalau ini berhasil tentu manfaatnya besar sekali dan bisa diaplikasikan, direplikasi di daerah lain. Salah satu yang dipesankan pak wali, mohon sosialisasi dikuatkan sehingga tidak muncul penolakan,” sambungnya.

Dalam kegiatan ini pula, dilakukan polling untuk menentukan nama tiga alat dewatering yang difungsikan untuk pengeringan lumpur di daerah yang sulit dijangkau. Dari hasil polling tersebut terpilih tiga nama, yaitu Sadewa untuk dewatering stasioner, Nakula untuk dewatering mobile, dan Pusaka untuk unit pompa. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content