Artikel

Wisatawan Wajib Coba Es Santan Legendaris di Kota Malang

Malang, (malangkota.go.id) – Kota Malang memiliki banyak destinasi kuliner yang patut dicoba. Tidak hanya makanan, ada juga beragam minuman yang bisa dicicipi. Salah satu minuman segar yang populer dan banyak dijumpai adalah es santan. Sesuai namanya, minuman ini berbahan dasar santan gurih yang sudah dicampur dengan es.

Penjual es santan memberikan pesanan pembeli

Dalam segelas es santan juga ditambah tape ketan hitam dan gudir, tak ketinggalan dituangi sirup merah. Es santan juga biasanya dilengkapi dengan roti tawar yang diberi sirup merah. Minuman segar yang gurih dan manis ini cocok diminum di siang hari. Sudah membayangkan, ya?

Es Santan 68 merupakan kedai es santan yang legendaris di Kota Malang. Pemiliknya adalah Sutono, yang telah memulai berjualan sejak tahun 1968. “Dulu saya ngider (keliling) mulai 1968, baru tahun 1970-an menetap di Jalan Sempu ini. Dalam sehari, biasanya terjual 800 hingga 900 gelas,” ungkap Cak No sapaan akrabnya saat ditemui Jumat (7/1/2022).

Tak heran memang kedai es sederhana ini tak pernah sepi pembeli. Setiap harinya banyak pelanggan yang datang untuk minum es santan legendaris ini. Pelanggannya pun bervariasi, mulai anak-anak hingga mereka yang berusia lanjut, dari yang masih berseragam sekolah hingga pegawai kantoran semuanya ada di sini.

Katrin salah satu pelanggan es santan ini menuturkan, dia sudah mengenal es santan ini sejak remaja. “Dulu sering diajak orang tua ke sini, sampai sekarang pun kalau pengen es santan ya pasti ke sini. Rasanya tidak berubah, bapaknya juga ramah,” ujar perempuan ini.

Pembeli rela antre demi mendapatkan es santan legendaris ini

Kedai Es Santan 68 yang ada di pojok Jalan Sempu (samping SMP Negeri 19 Malang) ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga 16.00 WIB. Kedai ini juga memiliki cabang di Jalan Puncak Borobudur atau depan SMA Negeri 9 Malang. Harganya hanya Rp4.000,00 dan sudah bisa menikmati es legenda ini.Sedangkan rotinya cuma Rp1.000,00.

Sementara itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengatakan, bahwa Kota Malang adalah surga kuliner. Karena berbagai jenis kuliner ada di Kota Malang, baik kuliner modern maupun tradisional. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang khusus wisata kuliner di Kota Malang ini.

“Kuliner merupakan salah satu potensi wisata di Kota Malang. Tak hanya masyarakat lokal, nyatanya banyak wisatawan dari luar daerah yang gemar berwisata kuliner di Kota Malang. Bahkan banyak sekali Youtuber yang membuat konten kulinernya di Kota Malang,” ujar Sutiaji.

Menurut orang nomor satu di Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu, wisatawan tidak salah memilih Kota Malang sebagai tujuan wisata. Menurutnya, orang berwisata atau liburan yang paling dicari adalah tempat yang nyaman dan kuliner yang enak. Dua hal itu ada di Kota Malang, tempat penginapan tersedia di berbagai sudut kota. Baik penginapan yang berbintang maupun penginapan yang ramah kantong backpacker.

“Kita memiliki kekuatan di kuliner. Orang kalau wisata ke Malang Raya cari wisata alamnya ke Kabupaten Malang, cari yang wisata buatannya ke Kota Batu. Tapi kalau cari kuliner dan penginapannya sudah pasti ke Kota Malang,” pungkasnya. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content