Berita Pendidikan

Wali Kota Sutiaji: Jadilah Generasi Bermoral Pancasila

Malang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menjadi pemateri seminar kebangsaan di Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Senin (10/01/2022). Dalam acara tersebut, Sutiaji menyampaikan bahwa bangsa Indonesia memiliki ideologi yang sangat luar biasa, yakni Pancasila.

Usai memberikan materi seminar kebangsaan, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mendapat cendera mata dari Presiden mahasiswa Unikama Resa Carmila Youlanda

“Pertanyaannya apakah setiap individu kita sudah merdeka? Merdeka itu milik personal yang harus dilembagakan dan di sinilah negara hadir,” ujar Wali Kota Sutiaji pada seminar yang bertema ‘Meneguhkan Sikap Nasionalisme Demi Menjaga Ideologi Bangsa Dalam Menghadapi Era Society 5.0.’

Dalam seminar yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tersebut, Sutiaji menyampaikan materi bertajuk ‘Perkuat Wawasan Kebangsaan’ di era 5.0 dan manfaatkan teknologi untuk mensyiarkan kebaikan. Ditambahkan orang nomor satu di Pemkot Malang itu bahwa dunia memprediksi 2050 Indonesia akan menguasai dunia. Karena akan menikmati bonus demografi.

“Di sinilah kaum muda ditantang untuk terampil dan berkreasi dalam berbagai aspek kehidupan. Dari kondisi tersebut, maka kaum muda harus kreatif dan melek teknologi informasi,” tuturnya.

Sutiaji meminta kepada mahasiswa untuk memanfaatkan teknologi terkini dengan baik dan benar untuk hal-hal positif. “Ke depan, persaingan akan semakin tinggi, maka jika kaum muda kita tidak mampu bersaing, akan jadi penonton di negeri sendiri,” jelasnya.

Saat ini kemajuan teknologi informasi sangat luar biasa. Maka dari itu, kata dia, sebagai salah satu wujud sikap nasionalisme, maka mahasiswa atau siapa pun hendaknya jangan sampai menyebarluaskan berita bohong atau hoaks. Karena akan memicu konflik horizontal, yang pada akhirnya akan merongrong persatuan bangsa.

Lebih jauh dia menyampaikan, kaum muda sebagai generasi penerus bangsa hendaknya tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal negatif. Sehingga peningkatan literasi menjadi sangat penting yang salah satunya untuk menguatkan ideologi dan nasionalisme. “Dengan demikian akan terlahir calon pemimpin bangsa yang bermoral Pancasila dan berdaya saing,” pungkas Sutiaji. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content