Artikel Kuliner

Bukan Hanya Makanan, Minuman Legendaris Ada di Kota Malang

Malang, (malangkota.go.id) – Mungkin hanya sebagian kecil saja orang-orang yang tidak suka minum es yang segar. Terlebih diminum saat cuaca terik. Ada satu jujugan kuliner yang sangat patut untuk dikunjungi, nama kedainya Es Tawon Kidul Dalem.

Seorang pembeli menunjukkan es tawon

Kedai es ini sudah ada sejak tahun 1955 dan didirikan oleh Yaminah. Awalnya, Yaminah berjualan dengan gerobak di depan gang di kawasan Kidul Dalem. Kini, sepeninggal Yaminah, pada tahun 1996 usaha kuliner ini diteruskan oleh menantunya yang bernama Sri Utami dan berpindah tempat, namun masih di kawasan yang sama. Tempatnya sederhana, menyewa sebuah lahan di depan rumah di Jalan Zainul Arifin Nomor 15, Klojen, Kota Malang.

“Dulu jualannya pakai gerobak di bawah pohon asem, terus banyak tawon. Makanya banyak yang bilang es tawon. Akhirnya suami saya buat spanduk dengan tulisan es tawon. Dulu awalnya es kacang hijau alpukat, terus sekarang ada beberapa macam es,” ungkap Sri.

Menurut penuturan ibu beranak tiga ini, setiap harinya dia bisa menjual hingga 100 porsi es setiap harinya.
“Pandemi ini memang turun (omzet), tapi kami tetap buka. Banyak orang yang sudah tua-tua begitu datang, nostalgia. Gak dari Malang saja, ada juga dari luar kota, Surabaya dan Jakarta. Katanya memang es di sini tidak berubah rasanya dari dulu. Sirup di sini buat sendiri, dari gula murni tanpa campuran,” imbuh perempuan 59 tahun.

Terdapat beberapa pilihan menu yang tersedia di es tawon, di antaranya es campur, es kacang hijau alpukat, es
kacang tape, es kacang hijau, es kacang hijau ketan hitam, dan bubur kacang hijau. Semua menu dijual dengan harga Rp8.000,00.

Seporsi es disajikan dalam gelas dengan es yang diserut secara manual. Isiannya pun bermacam-macam, tergantung varian es yang dipesan. Sirup gula murni yang digunakan juga tidak akan membuat tenggorokan ‘serik’, rasa manisnya pas. Es legendaris ini wajib dinikmati hingga tetes terakhir.

Jika Anda jalan-jalan di sekitaran Alun-Alun Kota Malang atau Pasar Besar, boleh singgah dan menikmati es legendaris khas Malang ini. Kedai es ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-02.30 WIB. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content