Blimbing, (malangkota.go.id) – Dalam rangka meningkatkan keahlian para pemuda Kota Malang, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang menggelar pelatihan membatik kepada 69 pemuda di Batik Blimbing Jalan Candi Jago Nomor 6, Kota Malang, Rabu (30/3/2022).

Seorang anak muda belajar membuat batik

Analis Kebijakan Muda Disporapar Kota Malang, Khabibah mengungkapkan, pelatihan membatik untuk anak-anak muda di Kota Malang ini diberikan untuk mengembangkan wawasan. Hal ini menjadi bagian dari kegiatan koordinasi, sinkronisasi dan penyelenggaraan peningkatan kapasitas daya saing pemuda kader kabupaten/kota tahun 2022.

“Kegiatan ini akan menjadi bekal anak-anak muda di Kota Malang atas kesenian batik. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa mengajak anak-anak muda untuk lebih mencintai batik,” jelas Khabibah.

Terlebih di Kota Malang, saat ini sudah memiliki batik khas Malang yang ditekuni perajin batik di Jalan Candi Jago Nomor 6, Kota Malang. Menurutnya, dengan mengajak langsung anak-anak muda belajar membatik di tempat ini diharapkan bisa benar benar-benar bisa dimanfaatkan oleh peserta.

“Kami berharap dari sekian banyak anak-anak muda yang saat ini belajar batik , bisa terjun langsung menekuni batik sebagai usaha. Jika itu bisa terwujud, tentu akan sangat bagus untuk pelestarian batik, khususnya batik Malangan,” kata Khabibah.

Sementara itu, pemilik usaha batik khas Malangan Wiwik Niarti mengaku senang banyak anak-anak muda yang mau belajar membatik. Selama ini, kata dia, banyak sekali pesanan batik khas Malang. Karena keterbatasan tenaga kerja, akhirnya tidak semua pesanan yang masuk bisa dipenuhi.

“Tidak hanya kali ini saja, saat belajar nanti setelah pelatihan jika ada yang mau bekerja sama dengan kami saya sangat terbuka,” kata Wiwik. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content