Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Dispangtan Siapkan Langkah Mitigasi Hadapi Potensi El-Nino

Blimbing (malangkota.go.id) – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kota Malang telah menyiapkan berbagai upaya untuk mitigasi untuk menghadapi potensi dampak El-Nino (fenomena pemanasan suhu) yang saat ini memasuki musim kemarau. Salah satu langkah yang telah disiapkan yaitu memastikan kelancaran pasokan air dari hulu untuk ke sawah. Untuk itu, saat ini tengah melakukan perbaikan pada saluran jaringan irigasi tersier.

Kadispangtan Kota Malang Slamet Husnan

Hal itu disampaikan Kepala Dispangtan Kota Malang, Slamet Husnan, Selasa (27/6/2023). Ditambahkannya, rencananya nantinya juga akan dibuat sumur-sumur bor guna menambah pasokan air yang dibutuhkan. Kemudian juga akan bekerja sama dengan kelompok tani dalam mengatur waktu tanam agar kebutuhan air dapat terpenuhi dengan baik.

“Hal ini dilakukan untuk mengatur penggunaan air secara efisien. Kemudian, dalam hal produksi padi, jika di Kota Malang sendiri saat ini relatif aman. Apalagi dalam kurun waktu satu tahun, pertanian di Kota Malang mampu melakukan penanaman padi sebanyak 2,5 kali,” imbuhnya.

Untuk produksi padi, dikatakan Husnan masih relatif aman. Tentu ini memberikan kepastian bahwa produksi padi di Kota Malang dapat terjaga dengan baik. Di sisi lain, Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga, juga pernah memberikan tanggapannya terkait dengan antisipasi potensi El-Nino di Indonesia.

Dikatakannya, persiapan antisipasi telah dilakukan oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait, termasuk pemerintah daerah. “Kerja sama lintas sektor menjadi kunci dalam memastikan bahwa dampak El-Nino tidak memengaruhi sektor lain, termasuk sektor perdagangan dan pasokan bahan pokok,” ucap Wamen Jerry.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan jika saat ini pasokan bahan pokok di pasar masih aman dan terkendali. Melalui pemantauan rutin yang dilakukan oleh pihaknya, ketersediaan bahan pokok dapat dipastikan stabil, meskipun terdapat fluktuasi harga yang relatif kecil. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content