Artikel Ekonomi dan Bisnis UMKM

Berawal dari Hobi, Noor Anggarini Kembangkan Usaha Tas Kain Handmade

Malang, (malangkota.go.id) – Bermula dari kegemaran membuat tas pribadi untuk koleksi sendiri, Noor Anggarini Ardiyogi mengembangkan hobinya tersebut menjadi sebuah peluang usaha dengan brand Illnand Collection by UB Yogi Family. Melalui kegemarannya tersebut, Noor membuat tas dengan menggunakan bahan dan model sesuai dengan keinginan. Produk dan karyanya menjadi salah satu potensi yang menguatkan ekonomi kreatif di Kota Malang.

Noor Anggarini Ardiyogi saat mengikuti pameran produk UMKM

“Mulanya dari hobi membuat tas untuk koleksi dan dipakai pribadi, ternyata pas dipakai banyak yang menanyakan. Akhirnya saya buat terima pesanan. Tujuannya untuk mengangkat ekonomi keluarga,” ungkap Noor, Minggu (24/4/2022).

Noor menambahkan, jika pesanan banyak ia mengajak dan mempekerjakan ibu rumah tangga di sekitar, yang tidak mempunyai pekerjaan dan mau berkarya. Dengan memberdayakan ibu rumah tangga, ia berharap bisa turut meningkatkan perekonomian mereka.

“Kami memproduksi tas, dompet dan suvenir berbahan kain, yang membuat produk saya khas. Untuk model dan bahannya menyesuaikan keinginan konsumen, serta kami memberikan garansi selama masih bisa diperbaiki,” terangnya.

Ia mengaku pelanggan dan pembeli karyanya datang dari dalam kota bahkan hingga luar kota. Untuk mengembangkan jangkauan pemasaran, selain melalui media sosial Instagram dan Facebook @nooranggarini, produknya juga dapat dipesan melalui website Malanggleerrr.com. Pembeli juga bisa langsung menghubunginya melalui WhatsApp 083129253325.

“Produk kami 100% handmade, biasanya saya membuatnya menggunakan mesin jahit kecil biasa berwarna hitam. Untuk waktu pengerjaan kami melihat model dan kerumitan, serta mempertimbangkan juga deadline dari konsumen. Kalau tas hajatan atau tote bag tanpa resleting biasanya dalam sehari bisa selesai di bawah 50 pcs,” papar Noor.

Ke depan ia berharap produk-produknya semakin banyak peminat dan pembelinya. Karena produknya memiliki harga yang terjangkau dan berkualitas, serta bisa diandalkan. Berbagai event seperti pameran pun seperti di Kota Malang, Surabaya, dan Jakarta pernah diikuti. Dengan demikian, ia juga berharap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Malang dapat semakin berkembang hingga dapat meningkatkan perekonomian. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content