Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Bung Edi Giat Gelorakan Cinta Lingkungan

Blimbing (malangkota.go.id) – Menggelorakan semangat untuk giat menanam di Kota Malang, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko selalu aktif hadir di berbagai kesempatan. Kali ini orang nomor dua di jajaran Pemerintahan Kota Malang ini melakukan dialog cinta lingkungan bersama Shekinah Multimedia Ministries di Memoir Studio, Jalan Panglima Sudirman, Kamis (19/5/2022).

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko saat melakukan dialog cinta lingkungan di Memoir Studio Jl Panglima Sudirman

Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan, bahwa undang-undang penataan ruang mengamanahkan kawasan perkotaan harus memiliki ruang terbuka hijau (RTH) 20 persen dari luas wilayah. Di mana untuk Kota Malang sendiri saat ini RTH masih mencapai 10 persen.

“Pesatnya pembangunan kota begitu mempengaruhi keberadaan RTH dan kita tidak bisa menghindar karena itu sudah tuntutan,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, maka dibutuhkan komitmen bersama bagi pengambil kebijakan. Karena apa yang diputuskan akan sangat berpengaruh terhadap kualitas lingkungan. Pemerintah Kota Malang dalam hal ini terus mengedukasi masyarakat bahwa RTH bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Namun juga tanggung jawab bersama masyarakat.

“Untuk itu Pemerintah Kota Malang saat ini terus mengajak masyarakat membangun kesadaran cinta lingkungan,” tegasnya.

Saat menanam, masyarakat diajak diniatkan bersedekah untuk lingkungan dengan cara menanam pohon. Diniatkan bersedekah oksigen agar bisa bermanfaat untuk alam dan bermanfaat untuk kehidupan.

“Agar itu bisa terwujud tidak bisa dilakukan Kota Malang sendiri. Namun juga harus bekerja sama dengan daerah lain termasuk Kota Batu dan Kabupaten Malang,” terangnya.

Direktur Shekinah Multimedia Ministries Pastor Marcus Rumampuk mengatakan senang bisa melakukan dialog langsung dengan Pemerintah Kota Malang terkait kegiatan cinta lingkungan. Termasuk dengan Wakil Wali Kota Malang yang sangat giat melakukan cinta lingkungan dengan menanam pohon.

“Kami sebagai masyarakat Malang sangat merindukan masa lalu. Di mana Kota Malang begitu dingin, saat pagi turun kabut dan oksigen begitu melimpah. Kota Malang tidak ungkep,” kata Marcus.

Markus mengajak masyarakat lebih banyak lagi melakukan kegiatan cinta lingkungan, termasuk dengan menggiatkan aksi menanam pohon. Dengan lingkungan yang kembali hijau diharapkan bisa membuat semua yang tinggal di Kota Malang bisa lebih nyaman dan lebih sehat. Karena menghirup oksigen yang begitu melimpah. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content