Berita Lansia

Wali Kota Malang Ajak Lansia Tetap Miliki Semangat Singa

Klojen (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menghadiri serta turut berpartisipasi dalam senam lanjut usia (lansia) dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dan Hari Bakti Dokter Indonesia ke-114 yang digelar di Lapangan Upacara RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, Minggu (29/5/2022).

Wali Kota saat mengikuti senam Lansia di RSSA Kota Malang

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei merupakan bentuk apresiasi Negara Kesatuan Republik Indonesia berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan kehadirannya di kegiatan senam lansia ini adalah bentuk kecintaanya kepada lansia Kota Malang.

“Meskipun sudah lansia, harus tetap memiliki jiwa singa, tetap semangat tidak loyo. Tidak menjadi beban orang lain, justru harus semakin produktif dan banyak berkarya,” harap Sutiaji yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, S.Sos, MM.

Wali Kota Malang penghobi olahraga bulu tangkis tersebut mengatakan bahwa lansia di Kota Malang harus mandiri dan menjadi lansia yang tetap bisa memberikan makna. “Jangan sampai menjadi lansia seperti pepatah habis manis sepah dibuang, tetapi menjadi lansia harus terus dikenang karena jasa-jasanya,” pesannya.

Menjadi lansia, disampaikan Sutiaji harus terus beraktivitas, hari-harinya harus terus diisi dengan kegiatan sehingga tidak pikun. “Bersama lansia mari terus catati hari-hari dengan kebaikan dan amalan. Mari kita torehkan kehidupan dengan tinta yang dikenang setelah kita tiada,” ajak Wali Kota Malang.

Sementara itu Wakil Direktur Pendidikan dan Pengembangan Profesi RSUD Dr. Saiful Anwar Malang dr. Mochamad Bachtiar Budianto, SpB(K)Onk mengatakan kegiatan senam lansia ini adalah dalam rangka peringatan HLUN dan Hari Bakti Dokter Indonesia ke-114 yang mengangkat tema ‘Keluarga Sayang Lansia, Keluarga Bahagia’.

“Kami berharap melalui senam lansia ini menjadi ajang untuk mengajak para lansia agar tetap semangat menjalani kehidupan,” ucap Bachtiar.

Ditambahkannya, lansia harus menghindari kata tua atau bahasa arek Malang-nya kewut (Bahasa Walikan dari tuwek yang artinya tua). HLUN ini diresmikan adalah untuk mendorong para lansia di Indonesia untuk tetap tangguh, sehat dan produktif.

“Presiden Amerika Joe Biden berusia 79 tahun, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad berusia 96 tahun. Mereka adalah contoh nyata bahwa menjadi lansia bukanlah halangan untuk tetap bisa berkarya,” jelasnya lebih lanjut.

Bachtiar menyampaikan agar lansia di Kota Malang bisa tetap produktif, ada banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan membentuk komunitas dan mengikuti berbagai kegiatan. “Termasuk kegiatan senam lansia seperti ini. Jadi dengan tetap beraktivitas, para lansia tentunya bisa mengisi memori hari-harinya dengan kegiatan yang bermanfaat dan baik bagi kesehatannya,” tutupnya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content