Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Pemkot Malang Keruk Saluran Kemirahan Demi Kurangi Risiko Genangan

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang kembali menerjunkan tim berikut excavator untuk melakukan pengerukan sedimen dan sampah di titik-titik rawan genangan. Sasaran kegiatan pada Jumat (1/7/2022) adalah saluran koridor Jalan Ahmad Yani tepatnya di sekitar gerbang masuk kawasan Kemirahan.

Petugas mengeruk saluran air di Kemirahan

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusumadewi menyampaikan, bahwa kegiatan pengerukan sesuai dengan arahan Wali Kota Malang Sutiaji kepada jajaran Pemkot Malang untuk melakukan mitigasi risiko banjir dan genangan.

“Hari ini lanjutan setelah sebelumnya beberapa waktu lalu tim mengawali di Bukirsari dan Dieng. Harapannya tentu kinerja saluran meningkat,” terang Diah.

Dalam pengerukan hari pertama ini tim berhasil mengangkat material yang menghambat saluran hingga empat truk. Satu unit alat berat excavator mini yang dikerahkan cukup efektif mempercepat proses pengerukan. “Insyaallah besok (Sabtu) pagi pengerukan akan dilanjutkan kembali di kemirahan,” tambah Diah.

Menggiatkan pengurangan risiko bencana terkait hidrometeorologi menjadi upaya Pemkot Malang sepanjang musim kemarau ini sebagai bentuk antisipasi. Selain pengerukan, pembersihan saluran di titik-titik yang sulit dijangkau alat berat juga dilakukan satgas drainase tingkat kota, kecamatan, termasuk personil kebersihan DLH, TNI/Polri dan elemen masyarakat lainnya. (ndu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content