Berita

Warga Bersama TNI Bersatu Antisipasi Banjir

Kedungkandang, MC – Guna mencegah terjadinya banjir, khususnya di wilayah RW 3 Kelurahan Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, warga menggelar kerja bakti di area pinggiran Sungai Amprong, Minggu (24/1). Sebanyak 150 warga dari RT 1 hingga RT 8 bersama dengan satu peleton (28 personel) TNI dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara Ringan (Yon Arhanudri) II Kostrad Malang berbaur membersihkan pinggiran sungai, membuat tanggul, serta menanam pohon.

Warga RW 3 Kelurahan Kedungkandang dibantu TNI bahu membahu membuat tanggul di pinggiran Sungai Amprong, Minggu (24/1)
Warga RW 3 Kelurahan Kedungkandang dibantu TNI bahu membahu membuat tanggul di pinggiran Sungai Amprong, Minggu (24/1)

Kerja bakti ini juga merupakan wujud kemanunggalan TNI dan rakyat dalam agenda sosial, serta merupakan program Karya Bakti Binter (Pembinaan Teritorial_red) bagi kalangan TNI.  Musim hujan seperti saat ini memang rawan terjadi banjir, dan  salah satunya bisa disebabkan oleh meluapnya air sungai. Warga yang bermukim tidak jauh dari sungai besar (Amprong) ini, memang rawan atau beresiko tinggi diterjang banjir. Meskipun di kawasan sungai ini terakhir kali terjadi banjir pada tahun 1987, namun kerja bakti ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Setidaknya hal itulah yang disampaikan oleh Ketua RW 3 Kelurahan Kedungkandang, Agus Surahman saat ditemui setelah acara kerja bakti. “Sejak beberapa tahun lalu, pihak Pengairan sudah memberikan pengawasan khusus dalam mengantisipasi banjir ini. Sejak tahun 1987 hingga saat ini sudah tidak pernah terjadi banjir lagi, dan kami sangat senang bisa bekerjasama serta mendapat bantuan dari bapak-bapak TNI ini,” ujarnya, Minggu (24/1).

Pria paruh baya itu menambahkan, kerjasama seperti ini sudah dua kali dilaksanakan, dan alhamdulillah warga dan TNI selalu guyub dalam kegiatan sosial seperti ini.  “Sebelumnya kami memang mengajukan surat permohonan kepada pimpinan TNI, dan langsung mendapat respons cepat. TNI memang mempunyai kepedulian tinggi kepada rakyat, khususnya di wilayah kami. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga bagi bapak-bapak TNI ini,” urai Agus.

Sementara itu, Danton 3 Yon Arhanudri II Kostrad Malang, Letda Arh Cholish mengatakan jika pihaknya merasa senang karena bisa membantu warga, khususnya untuk mengantisipasi terjadinya banjir ini. Sebenarnya, kata dia, tanpa diminta pun TNI akan selalu siap membantu warga. “Dalam program Karya Bakti Binter ini, kami juga menjalankan berbagai aktivitas seperti perbaikan jalan, bedah rumah, renovasi tempat ibadah dan lain-lain,” jelasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content