Berita Ekonomi Kerakyatan

Kendalikan Inflasi, Pemkot Malang Gelar Operasi Pasar

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar operasi pasar untuk menyetabilkan harga dan memastikan pasokan bahan pokok, serta komoditi lainnya di depan Kuburan Londo Sukun, Senin (29/8/2022).

Masyarakat antusias membeli komoditas yang disediakan saat operasi pasar di depan Kuburan Londo Sukun

Ketua Dewan Pengawas Perumda Tunas yang juga tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang, Elfiatur Roikhah, SE., Ak., MM menyampaikan bahwa operasi pasar ini menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2022 oleh Presiden Jokowi terkait sinergi untuk stabilitas harga dan ketahanan pangan nasional.

“Makanya kita perlu usaha yang lebih keras lagi untuk menyetabilkan harga dan memastikan pasokan. Karena itu dari Sekretariat TPID Kota Malang menyelenggarakan operasi pasar,” terang Elfi.

Lebih lanjut Elfi menjelaskan kegiatan operasi pasar ini untuk yang pertama kali di Kelurahan Sukun. Jumlah barang yang disediakan sekitar 1.000 paket mulai dari beras, gula pasir, minyak goreng kemasan, tepung terigu, telur ayam, daging ayam, cabai hingga bawang merah. Pihaknya menggandeng berbagai pihak, seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perum Bulog, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Tunas, Badan Pangan Nasional, Bank Indonesia, dan lainnya.

“Nantinya akan dilakukan digilir setiap Minggu sampai kondisi inflasi sudah bisa lebih stabil. Ditargetkan hingga akhir tahun ada 63 titik. Jadi yang kita jual selain bahan pokok juga komoditi-komoditi yang memang harganya walaupun tidak naik tapi masih tinggi misalnya bawang dan cabai,” jelasnya.

Elfi menambahkan bahwa operasi pasar ini targetnya mencukupi kebutuhan masyarakat dan memastikan pasokan aman. Sehingga setelah kecukupan pasokan untuk masyarakat diharapkan harga bisa kembali stabil.

Hal ini sejalan dengan komitmen Pemkot Malang sebagaimana disampaikan oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat menghadiri Rakornas Pengendalian Inflasi bahwa pihaknya telah melakukan kerja sama dengan berbagai daerah.

“Sesuai anjuran presiden, di daerah segera dilakukan pengendalian inflasi yakni melakukan kerja sama antardaerah. Kami sudah menjalin kerja sama dengan Banyuwangi, Kabupaten Malang, Blitar, Batu, dan Jakarta. Sehingga harapannya dapat mengontrol inflasi yang ada di Kota Malang,” ungkapnya beberapa waktu lalu. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content