Malang, (malangkota.go.id) – RW 8 Kelurahan Lesanpuro menjadi juara pertama lomba Urban Farming se-Kota Malang terpilih sebagai juara pertama dalam Lomba Urban Farming se-Kota Malang. Penilaian lomba ini dirangkaikan dalam peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 Tahun 2022 yang digelar di Gedung Kartini Imperial Building, Selasa (25/10/2022).

Kepala Dispangtan Kota Malang, Slamet Husnan memberikan  secara simbolis hadiah Lomba Gebyar Urban Farming

Di peringkat kedua diraih oleh RW 10 Kelurahan Pandanwangi dan peringkat ketiga diraih oleh RW 3 Kelurahan Tunjungsekar. Sebelumnya, telah dilakukan penilaian kepada 57 peserta dari 57 kelurahan mulai Mei sampai September 2022 yang lalu. Dari 57 peserta tersebut terpilih 12 nominator, kemudian terpilihkan kelurahan-kelurahan terbaik sebagai pelaksana urban farming. Pemenang lomba ini dinilai memiliki tatanan, dedikasi, inovasi, dan juga menghasilkan produk urban farming yang terbaik.

Kepala Dispangtan Kota Malang, Slamet Husnan mengungkapkan lahan pertanian di Kota Malang kian berkurang. Hal ini berbanding terbalik dengan kebutuhan pasokan bahan pangan kian meningkat. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan adalah dengan melakukan urban farming

“Dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan di Kota Malang, salah satunya kita mendorong masyarakat untuk melakukan usaha pertanian perkotaan atau urban farming. Urban farming sangat bermanfaat untuk mempertahanan ketahanan pangan keluarga,” terangnya.

Melalui lomba Urban Farming ini, tentu masing-masing kelurahan sudah menggerakkan masyarakat untuk bertani di lahan perkotaan yang tidak terlalu luas. Dari urban farming ini, masyarakat tak hanya bisa memanen sayur-mayur namun juga dapat memanen  produk perikanan, melalui budidaya nila dan lele. Untuk itulah, lomba Urban Farming akan diselenggarakan secara rutin.

“Karena antusiasme besar kita akan laksanakan terus rutin. Ini sangat bermanfaat menciptakan ketahanan pangan di lingkungan terkecil,” pungkas Slamet.

Selain pengumuman hasil penilaian lomba Urban Farming, pada gelaran ini pula diumumkan pemenang lomba Gerbudbute se-Kota Malang yang juga kolaborasi dengan TP PKK Kota Malang. Penilaian Gerbudbute sejak September 2022 lalu. Terpilih sebagai juara pertama adalah Kelurahan Mulyorejo, diikuti Kelurahan Lowokwaru sebagai juara kedua, dan Kelurahan Bunulrejo sebagai juara ketiga. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content