Malang, (malangkota.go.id) – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kertas Kerja Pemeriksaan Kesehatan Koperasi (KKPKK) Berdasarkan Permenkop UKM Nomor 9 Tahun 2020 di Hotel Savana, Kota Malang, Senin (14/11/2022).

Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi pada Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kertas Kerja Pemeriksaan Kesehatan Koperasi (KKPKK) Berdasarkan Permenkop UKM Nomor 9 Tahun 2020 di Hotel Savana, Kota Malang, Senin (14/11/2022).

Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi mengungkapkan, untuk bisa mengembangkan koperasi di Kota Malang perlu dilakukan berbagai upaya, termasuk dengan bimbingan teknis.
“Untuk bisa memajukan koperasi, salah satunya dengan peningkatan SDM yang dimiliki. Kegiatan ini bagian dari upaya Kota Malang memajukan koperasi,” jelas Eko.

Eko menambahkan, dengan meningkatkan kemampuan pengurus koperasi di Kota Malang, maka diharapkan koperasi di Kota Malang bisa semakin sehat. Tujuannya untuk pengelolaan koperasi KSP/USP yang sehat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Dengan paham aturan diharapkan bisa terwujud pelayanan yang prima kepada anggota koperasi. Sehingga koperasi bisa sehat dan berkembang dengan baik,” tegas Eko.

Selain itu, juga meningkatkan kesadaran pengurus dan pengelola koperasi dalam melengkapi perizinan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Bisa meningkatkan pelaksanaan rapat anggota tahunan koperasi.

Saat ini di Kota Malang ada 622 koperasi, di mana 61 koperasi dinyatakan sehat dan 90 koperasi dikategorikan cukup sehat. Harapannya dengan terus dilakukan pembinaan akan semakin banyak koperasi di Kota Malang yang masuk kategori sehat.

Kegiatan ini diikuti 100 peserta dari pengurus koperasi di Kota Malang. Kegiatan dibagi dua sesi dan dilaksanakan selama empat hari. Untuk angkatan pertama dilaksanakan Senin 14-15 November 2022. Sementara untuk angkatan kedua dilaksanakan pada Rabu 15-17 November 2022.

Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono menyambut baik adanya pembinaan bagi pengurus koperasi di Kota Malang. Dia berharap, koperasi bisa semakin meningkatkan perannya di Kota Malang. “Koperasi adalah soko guru ekonomi di Indonesia, tentunya sangat baik menggelar kegiatan seperti ini. Kami berharap para peserta mengikuti kegiatan dengan baik agar hasilnya benar-benar bisa banyak membawa manfaat,” tegas Trio. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content