Malang, (malangkota.go.id) – Dalam rangka mewujudkan Kota Malang bebas polusi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang melakukan uji emisi untuk kendaraan roda empat di kawasan Simpang Balapan, Kota Malang, Selasa (22/11/2022).

uji emisi untuk kendaraan roda empat di kawasan Simpang Balapan

Kepala DLH Kota Malang, Noer Rahman Wijaya mengungkapkan, uji emisi ini dilakukan sebagai rangkaian evaluasi kualitas udara di perkotaan (EKUP). Kegiatan dilangsukan selama tiga hari dengan titik pertama di Jalan Ijen atau Simpang Balapan, ke dua di Jalan Trunojoyo, dan hari ketiga di Jalan Mayjen Sungkono.

“EKUP ini adalah salah satu bentuk pencanangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertitel langit biru,” jelas Rahman.

Kegiatan ini merupakan salah satu indeks untuk mengevaluasi kualitas udara di daerah perkotaan untuk mengetahui kualitas sesungguhnya. Untuk mengetahui kualitas udara dan indeks emisi kendaraan baik yang berbahan bakar premium mapun solar.

Dalam menjalankan kegiatan ini, DLH melakukan kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta Polresta Malang Kota. Ke depannya untuk hasil uji emisi ini akan segera diberitahukan untuk evaluasi lebih lanjut.

“Pada kegiatan ini, DLH juga bersinergi dengan salah satu kampus negeri di Kota Malang, dealer resmi, Satpol PP, kepolisian agar pelaksanaan ujian bisa semakin maksimal,” tegas Rahman.

Target uji emisi kendaraan ini diharapkan bisa menyasar sebanyak 800 kendaraan. Sehingga untuk tiga hari diharapkan bisa mencapai sekitar 2.000 kendaraan lebih. Hasil uji emisi juga disampaikan langsung kepada yang bersangkutan untuk yang lolos akan diberikan stiker dan yang tidak lolos diarahkan ke bengkel.

“Untuk hasil kita berikan dalam bentuk print out. Yang tidak lolos hanya diberikan print out dan tidak diberi stiker. Hasil pengujian emisi kendaraan ini secara real time kami berikan ke Kementerian LHK,” ujar Rahman.

Uji emisi merupakan salah satu upaya pengujian supaya masyarakat bisa mengetahui kinerja mesin dan juga tingkat efisiensi pembakaran mesin kendaraan bermotor. Uji emisi memberikan dampak positif di beberapa aspek, salah satunya lingkungan. Melalui proses ini akan diketahui kadar buangan dari pembakaran mesin yang akan berpengaruh kepada lingkungan. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content